Pages

25 September 2018

Hyperloop One, moda baru transportasi

Hyperloop adalah sebuah moda baru dalam bidang transportasi yang memiliki kemampuan untuk memindahkan angkutan barang maupun manusia dalam waktu yang cepat, secara lebih aman, sesuai dengan permintaan dan secara langsung dari tempat asal menuju ke tempat tujuan. Penumpang atau barang diangkut oleh kendaraan hyperloop dan kendaraan akan berjalan dengan akselerasi yang bertahap melalui propulsi listrik dengan bantuan tabung bertekanan rendah (low-pressure tube). Kendaraan berjalan dengan cara mengapung pada lintasan yang menggunakan levitasi magnetik dan menggilinding dengan kecepatan pesawat, menempuh jarak yang jauh dengan tarikan aerodinamika yang sangat rendah. 

Moda transportasi ini diperkenalkan oleh perushaan Virgin Hyperloop. Melalui produknya yang bernama Virgin Hyperloop One, perusahaan tersebut berusaha menawarkan alternatif transportasi yang terbebas dari bahaya kecelakaan di persimpangan jalan maupun bahaya lingkungan sekitar. Hyperloop One dijalankan secara otomatis, mengurangi tingkat kesalahan pengemudi dan hambatan cuaca. Selama perjalanan penumpang akan terjamin keamanan dan kebersihannya karena moda ini tidak menghasilkan emisi karbon secara langsung. Virgin Hyperloop didirikan pada bulan Juni tahun 2014. Misi dari perusahaan ini adalah menciptakan perjalanan yang cepat yang memperbesar kemungkinan dan mengeliminasi hambatan jarak dan waktu. Pusat kegiatan Virgin Hyperloop terdapat di Los Angeles, California, Amerika Serikat (Innovation Campus); North Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat (Apex Test & Safety Site dan Metalworks); Dubai, Uni Emirat Arab (Regional Office); dan London, Britania Raya (Regional Office). Perusahaan ini didukung oleh sejumlah investor, antara lain DP World, Caspian VC Partners, Virgin Group, Sherpa Capital, Abu Dhabi Capital Group, SNCF, GE Ventures, Formation 8, 137 Ventures, dan WTI.

Hyperloop dibutuhkan pada masa kini mengingat semakin tingginya tuntutan ekonomi global terhadap moda transportasi yang lebih cepat, lebih terjangkau, lebih aman, dan lebih efisien. Pertimbangan lainnya ialah bahwa di dalam 100 tahun terakhir belum terdapat bentuk transportasi baru, khususnya yang sangat cepat, sesuai permintaan, langsung, hemat energi, tidak berisik dan memiliki jejak karbon yang lebih kecil dibandingkan moda-moda transportasi berkecepatan tinggi lainnya. Hyperloop diharapkan memperkaya jenis transportasi kekinian dan mengintegrasikan ekosistem transportasi. Hyperloop One dapat berjalan dengan kecepatan maksimal hingga 1.080 kilometer/jam, atau 2-3 kali lebih cepat daripada kereta berkecepatan tinggi. Namu demikian, kecepatan pada prinsipnya akan disesuaikan dengan rute dan permintaan konsumen. 

Kendaraan Virgin Hyperloop One digerakkan menggunakan motor listrik linier yang merupakan modifikasi dari versi rotary motor konvensional yang dipasang lurus. Sebuah motor listrik konvensional memiliki dua bagian utama, yakni (a) stator, yaitu bagian yang diam, dan (b) rotor, yaitu bagian yang bergerak atau berputar. Pada saat voltase disalurkan pada stator maka rotor akan berputar (spinning) menggerakkan power drill. Sementara itu, meskipun sama-sama memiliki dua komponen utama, motor listrik linier secara prinsip berbeda karena rotor tidak berputar melainkan bergerak pada garis lurus di sepanjang stator. Pada sistem Virgin Hyperloop One, stator dipasang pada tabung, rotor dipasang pada pod, dan pod terpasang pada stator pada saat melakukan akselerasi pada tabung. 

Referensi: Virgin Hyperloop One | https://hyperloop-one.com
Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.