Pages

19 September 2018

Asian Para Games 2018 | Boccia

Mengenal Olahraga Boccia

Asian Para Games 2018 sebentar lagi berlangsung di Jakarta. Multi-sport event ini menjadi satu rangkaian dengan Asian Games sejak tahun 2010. Salah satu cabang olahraga yang diperlombakan di dalam Asian Para Games adalah boccia. Olahraga ini awalnya diperuntukkan bagi atlit yang mengalami cerebral palsy, akan tetapi di dalam perkembangannya kemudian dimainkan oleh atlit dengan disabilitas lain. Boccia adalah olahraga yang memerlukan kontrol dan keakuratan, seperti halnya bowling. Olahraga ini telah menjadi program resmi Paralimpiade (Paralympic Games). 

Kata "boccia" (diucapkan [bot-cha]) berasal dari bahasa Latin, "bottia", yang berarti "bola". Olahraga ini telah dikenal semenjak zaman kuno Yunani. Orang di sana memainkan olahraga boccia dengan cara melempar sejumlah batu, diarahkan ke target, yang juga berupa batu. Boccia pertama kali diperlombakan di Paralimpiade (Paralympic Games) pada edisi 1984 (New York and Stoke Mandeville Games).  

Boccia terbagi ke dalam 4-6 putaran. Pemain menggelindingkan bola ke arah depan menuju target sebuah bola yang disebut "jack". Bola untuk olahraga ini terbuat dari kulit dilapisi plastik. Masing-masing kompetitor memiliki enam bola (merah atau biru) pada setiap putaran. Boccia adalah olahraga yang fleksibel. Bagi atlit yang tidak mampu melakukan lemparan, ia boleh menendang atau menggelindingkan bolanya. Bilamana tidak memungkinkan untuk menendang, ia dapat menggunakan alat bantu berupa papan gelinding yang dipasang miring. Bilamana atlit tidak dapat menggelindingkan bola menggunakan tangan, ia dapat pula mendorongnya dengan kepala atau menunjuk arah. Boccia biasanya dimainkan di dalam ruangan dengan ukuran arena hampir sama dengan lapangan bulutangkis (panjang 12 meter, lebar 6 meter, ukuran kotak untuk melempar 2,5m x 1m). Masing-masing atlit mendapatkan enam kotak lemparan dan ia harus berada di dalam kotak tersebut sebelum mendapatkan giliran untuk bermain. Pada skala global, boccia dipayungi oleh Boccia International Sport Federation (BISFed).

Klasifikasi

Boccia terbagi ke dalam 4 (empat) kelas, yakni BC1, BC2, BC3, dan BC4. Pada kelas BC1 atlit melempar bola menggunakan tangan atau kaki. Ia dapat pula melakukannya dengan bantuan orang lain yang berada di luar kotak untuk menstabilkan atau menyesuaikan kursi yang ia gunakan untuk bermain serta memberikan bola kepada pemain bilamana diperlukan. Kelas BC2 diperuntukkan bagi atlit yang melempar bola menggunakan tangan saja. Ia tidak dapat meminta bantuan orang lain. Kelas BC3 diperuntukkan bagi atlit yang menderita disfungsi lokomotor yang telah parah, di mana ia tidak mampu untuk memegang atau melepaskan bola, meskipun lengannya masih dapat digerakkan. Dengan kata lain, atlit tidak memiliki kemampuan bergerak yang memadai untuk menggerakkan bola di arena pertandingan. Atlit dapat menggunakan alat bantu, misalnya papan yang dipasang miring untuk menggelindingkan bola. Kelas BC4 berlaku bagi atlit yang mengalami disfungsi lokomotor yang parah dan trunk control yang lemah. Kelas ini tidak memperbolehkan atlit untuk meminta bantuan dari orang lain. 

Kalender BISFed 2018

Sebelum Asian Para Games 2018:

Ise Boccia Regional Open, Ise (Jepang), 15-22 Maret 2018.
Madrid Boccia Regional Open, Madrid (Spanyol), 26 Maret-1 April 2018.
Montreal Boccia World Open, Montreal (Kanada), 24-29 April 2018.
Sao Paulo Boccia Regional Open, Sao Paulo (Brasil), 20-27 Mei 2018.
Povoa Boccia World Open, Povoa (Portugal), 2-9 Juli 2018.
World Boccia Championships, Liverpool (Britania Raya), 9-19 Agustus 2018.
Poznan Boccia Regional Open, Poznan (Polandia), 5-12 September 2018.

Setelah Asian Para Games 2018:

Olibia Boccia Regional Open, Olibia (Italia), 21-28 Oktober 2018.
Buenos Aires Boccia Regional Open, Buenos Aires (Argentina), 13-19 November 2018
Chinese Taipei Boccia Regional Open, Taoyuan (Taiwan), 26 November-3 Desember 2018.
Dubai Boccia World Open, Dubai (Uni Emirat Arab), 14-21 Desember 2018.

Referensi:
  1. Boccia: 12 Facts for London 2012. (2018). Paralympic.org. Diakses 19 September 2018, dari https://www.paralympic.org/news/boccia-12-facts-london-2012
  2. Classification. (2018). Bisfed.com. Diakses 19 September 2018, dari http://www.bisfed.com/about-boccia/classification/
  3. What is Boccia? | Boccia Canada. (2016). Boccia Canada. Diakses 19 September 2018, dari http://bocciacanada.ca/en/boccia/what-is-boccia/
Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.