Pages

7 December 2017

Lokomotif Era Klasik

Kereta api telah menjadi angkutan massal bagi masyarakat lokal, khususnya Pulau Jawa, sejak sebelum Republik Indonesia berdiri. 

Kereta api boleh dikatakan ikut ambil bagian di dalam perjalanan bangsa. Sebuah lagu klasik karya Ismail Marzuki (1946) berjudul "Sepasang Mata Bola" menyebutkan kata "kereta" di dalam syairnya. Hal ini membuktikan bahwa pada usaha pendirian negara dan masa mempertahankan kemerdekaan kereta api telah menjalankan perannya bagi bangsa Indonesia.


Kereta api beroperasi dengan cara ditarik -- terkadang pula didorong -- oleh lokomotif. Lokomotif inilah yang membawa gerbong-gerbong berisi penumpang atau barang dari tempat asal ke tempat tujuan. Tulisan kali ini akan menyajikan klasifikasi mesin dan desain -- atau, kita boleh katakan sebagai spesifikasi -- lokomotif seperti yang dikemukakan di dalam sebuah artikel berjudul "Mike's Railway History: A look at railways in 1935 & Before". Di sini terdapat belasan desain dan klasifikasi lokomotif yang pernah digunakan sebagai moda transportasi rel di negara yang berbeda, yakni Inggris, Kanada, Amerika Serikat, Belgia, India, dan Austria. Sudah barang tentu sebagian besar dari lokomotif yang diutarakan di sini sudah tidak lagi beroperasi pada era sekarang seiring dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi, baik mesin, transportasi, maupun perkeretaapian.

2-10-2 Santa Fe (mrr.trains.com)

Dwarfed. Lokomotif ini beroperasi di Kanada dan merupakan pelopor lokomotif di negara tersebut. Terdapat dua varian, yakni Trevitchik dan Confederation. Trevitchik memiliki konfigurasi 4-8-4 dan pembangkit tenaga dari kayu. Panjang keseluruhan adalah 60 kaki dan berat 33 ton. Sedangkan Confederation memiliki panjang 93 kaki dan berat 319 saat beroperasi.

No.5700, 4-6-4 Type Express Locomotive. Beroperasi di Kanada, tipe ini memiliki ukuran silider 23x28 inci dan roda penggerak berdiameter 6 kaki 8 inci. Mesinnya menghasilkan traksi sebesar 43.300 pound dengan traksi tambahan 10.000 pound jika dilengkapi dengan booster. Lokomotif ini memiliki panjang 92 feet dan berat lebih dari 331 ton.

"Shire" Class LNER. Merupakan lokomotif ekspres 4-4-0 tiga silinder. Ukuran silindernya adalah 17x26 inci dengan couple wheels berdiameter 6 kaki 8 inci. Panjang mesin 58 kaki 3/4 inci dengan total jarak dari landasan mesin 24 kaki 11 inci. Shire memiliki total pemanasan permukaan 1.669-1/2 kaki persegi. Orang yang merancangnya adalah H.N. Gresley yang pada waktu itu menjabat sebagai Chief Mechanical Engineer LNER. Daerah operasi lokomotif ini adalah dari London menuju Edinburgh.

"Gladstone" dan "Terrier". Lokomotif tipe ini merupakan pengembangan desain yang dibuat oleh W. Stroudly untuk London, Brighton and South Coast Railway pada tahun 1882. Gladstone dan Terrier terkenal dengan front-coupled driving wheels dan merupakan mesin lokomotif Britania Raya yang dibangun untuk kereta ekspres. Adapun pendahulunya adalah Terrier 0-6-0 yang memiliki ukuran mesin lebih kecil.

2-10-0 Locomotive. Tipe ini digunakan di jalur kereta api Great Indian Peninsula Railway. Jumlah lokomotif yang diproduksi adalah 70 unit. Jarak tempuh yang dilalui lokomotif tersebut saat beroperasi mencapai hampir 3.500 mil.

"Santa Fe". Lokomotif tipe Santa Fe memiliki konfigurasi roda 2-10-2 dan digunakan untuk angkutan berat oleh Canadian National Railways. Mesin bertenaga besar ini memiliki boilers berdiameter 8 kaki 8 inci. 

Express Passenger Work. Tipe dengan mesin LMS 4-6-0 tiga silinder yang dibuat di Derby, Britania Raya, pada tahun 1934. Disebut pula sebagai 5XP locomotive, tipe ini memiliki driving wheels berdiameter 6 kaki 9 inci, silinder 17x26 inci, total heating surface 1.853 kaki persegi, dan working pressure 225 pound per inci persegi. Berat mesin dan tender adalah 134-3/4 ton. 

4-6-0 Locomotives. Merupakan pelopor tipe 4-6-0 di Britania Raya yang awalnya dimiliki oleh Highland Railways sebelum kemudian pindah tangan ke LMS. Digerakkan oleh mesin buatan tahun 1894 dengan berat mesin 56 ton tanpa tender. Pada saat pembuatannya mesin tipe ini merupakan yang terbesar di Britania Raya dan saat ini masih dapat diperbandingkan dengan lokomotif modern 4-6-0 dan 4-8-2. 

"Mikado". Lokomotif dari Belgia buatan Ateliers Metatlurgiques, Tubize. Lokomotif jenis ini digunakan untuk mengangkut penumpang jalur Brussels-Arlon. Daya angkutnya mencapai 600 ton hingga gradien 1 inci 62-1/2 pada kecepatan 25 mil per jam. Mikado sempat menjadi lokomotif paling bertenaga di Benua Eropa. 

Eight-coupled wheels 6 ft. 5 in diameter. Merupakan lokomotif bermesin ekspres buatan Austria. Kekuatan angkutnya adalah 500-700 ton dan beroperasi di jalur kereta api Wina-Salzburg. Bagian firebox dan boiler memiliki berat 35 ton dengan panjang connecting rods 13 kaki 11 inci. 

International Limited. Lokomotif milik Canadian National Railways yang memiliki wilayah operasi hingga Amerika Serikat, yakni antara Port Huron dan Chicago. International Limited digerakkan oleh mesin yang sangat bertenaga dengan konfigurasi 4-8-4.

2-6-2 LNER. Lokomotif dengan ukuran silinder 16x26 inci. Memiliki total heating surface 1609 kaki persegi, grate area 22,08 kaki persegi, tekanan uap 180 pound per inci persegi dan berat working order 84 ton.

Passenger Tank Locomotive. Lokomotif ini memiliki konfigurasi roda 2-10-2 dan dioperasikan oleh Polish State Railways. Spesifikasinya adalah sebagai berikut: diameter coupled wheels 4 kaki 9-1/8 inci; silinder 24-7/8 inci x 27-5/8 inci; panjang mesin pada buffers 50 kaki 3-1/4 inci; dan traksi maksimum 37.919 pound.

"Mountain". Lokomotif tipe Mountain dirancang di Britania Raya dan memiliki konfigurasi 4-8-2 dan merupakan yang pertama pada kelasnya. Lokomotif ini memang dikhususkan untuk perjalanan melalui jalur pegunungan. Pada awal operasinya Mountain dikelola oleh Chesapeake and Ohio Railroads.

2-4-0 Locomotive. Merupakan tipe lokomotif yang tadinya dikelola oleh Midland Railway, salah satu perusahaan konstituen dari LMS. Pembuatannya dimulai pada tahun 1867 di Derby, Inggris dan dikenal dengan rangka luarnya yang dilengkapi oleh engkol dan bearing luar. Lokomotif tipe ini sangat sulit untuk dijumpai era kekinian. 

"Iron Duke" Class. Lokomotif buatan 1888 ini menggunakan mesin broad-gauge Great Western. Konfigurasnya sulit untuk dikelompokkan ke dalam tipe apa meskipun lebih mendekati 4-2-2. Iron Duke memiliki driving wheels 8 kaki sehingga mendukungnya untuk bergerak dengan cepat. 

4-4-0 Compound Locomotive. Hasil rancangan London, Midland and Scottish Railway di Derby, Inggris pada tahun 1925. Saat ini masih tersisa 230 unit. 4-4-0 Compound locomotive memiliki satu silinder bertekanan tinggi di bagian dalam dan dua silinder bertekanan rendah di bagian luar.

Referensi:
Mike's Railway History: A look at railways in 1935 & Before. Diakses 15 Juli 2017 dari
http://mikes.railhistory.railfan.net/r176.html.
(2017). Mrr.trains.com. Diakses 6 Desember 2017, dari http://mrr.trains.com/-/media/import/images/5/3/f/mrr-pr0107_25.jpg.


Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.