Pages

9 March 2016

Resensi Buku: Publik Administration An Action Orientation, 6th edition

 Judul: Public Administration An Action Orientation, 6th edition.
Pengarang: Denhardt, R. & Denhardt, J.
Tahun terbit: 2009
Penerbit: Thomson Wadsworth.

Buku Public Administration: An Action Orientation ini merupakan buku bacaan yang terintegrasi sepenuhnya dengan sumber dari Internet yang tersedia untuk membantu administratur dan mahasiswa administrasi publik. Pada setiap babnya, penulis mengulas tentang sumber daya "jaringan (networking)" yang sekiranya diperlukan oleh mahasiswa, termasuk sejumlah website yang memuat materi pendukung bacaan, contoh-contoh dan studi kasus, serta tautan-tautan yang tersedia secara on-line.

Buku ini membahas tentang tindakan (action), yang di dalamnya secara tersirat menggugah mahasiswa untuk mengambil tindakan. Pada akhir masing-masing bab terdapat materi dan latihan diagnostik-diri (kasus, simulasi, diskusi, dan sebagainya) yang dirancang untuk melengkapi pembelajaran kognitif mahasiswa dengan praktek keperilakuan. Aktivitas-aktivitas tersebut membuat pembaca atau orang yang membacanya tidak sekedar menjadi pengamat, tetapi ikut merasakan sebagai seorang manajer atau individu yang terlibat di dalam tindakan publik. Mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menguji, mempraktekkan, dan memperbaiki keterampilan mereka. Masing-masing bab juga memuat daftar istilah kunci dan definisi (yang dikemukakan kembali dalam glossary) dan rekomendasi untuk bacaan lebih lanjut.

Edisi keenam kali ini memberikan perhatian yang lebih layak pada dimensi-dimensi global administrasi publik kekinian. Lingkup kerja administratur tidak lagi terbatas pada organisasi atau yurisdiksi mereka sendiri. Semakin kompleksnya kehidupan modern berarti bahwa administratur harus pula memberikan perhatian pada perkembangan-perkembangan di seluruh dunia serta di tempat mereka berada. Keputusan-keputusan yang dibuat di luar negeri dapat pula mempengaruhi kerja administratur publik di dalam negeri. Saat ini pengetahuan tentang hubungan internasional dan isu-isu komparatif bukan hanya penting bagi mereka yang bekerja di negara lain tetapi juga bagi semua pihak yang bekerja di dalam administrasi publik.
Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.