Pages

14 August 2015

Reshuffle

Dalam dua pekan belakangan masyarakat Indonesia didekatkan dengan istilah 'reshuffle' yang di dalam perwujudan tindakannya ditunjukkan dengan 'penggantian anggota kabinet pemerintahan (menteri) oleh presiden'. Istilah yang penggunaannya secara langsung di Indonesia bersumber dari bahasa Inggris ini ternyata lebih dipilih oleh media massa daripada istilah padanan lainnya, atau terlebih dalam arti bahasa Indonesia. Berikut ini adalan sedikit penjelasan tentang 'reshuffle' oleh beberapa kamus istilah bahasa Inggris.

Menurut Thesaurus, kata reshuffle termasuk ke dalam jenis kata kerja (verb) yang berarti mereorganisasi atau membentuk kembali. Padanan kata (sinonim) dari 'reshuffle' antara lain copy (menyalin), fix (memperbaiki), recondition (menkondisikan ulang), reorganize (mereorganisasi), overhaul (membongkar).

Berdasarkan penjelasan dari Dictionary, 'reshuffle' terbentuk oleh kata dasar 'shuffle' dan awalan 're-'. Sebagai kata dasar 'shuffle' berasal dari istilah Low German, yaitu 'schuffeln' yang berarti 'berjalan dengan cara menggeser telapak kaki pada lantai; berjalan tanpa mengangkat kaki'. Istilah 'schuffeln' dikenal sejak tahun 1525.

Oxford Dictionaries menempatkan istilah 'reshuffle' sebagai kata kerja (verb) sekaligus kata benda (noun). Kedudukan 'reshuffle' sebagai kata kerja berarti 'mengganti silang kedudukan/jabatan (dari anggota kelompok, khususnya pemerintahan). Sedangkan 'reshuffle' sebagai kata benda berarti 'tindakan menata-ulang atau melakukan reorganisasi'. Lebih lanjut, Oxford Advanced Learner's Dictionary mendefinisikan 'reshuffle' sebagai 1) mengubah tugas-tugas yang dilakukan oleh sekelompok orang, khususnya dalam pemerintahan, dan 2) suatu perubahan tugas/pekerjaan dari sekelompok orang, semisal jajaran/aparat pemerintahan.

Merriam-Webster mengartikan kata kerja 'reshuffle' sebagai 1) mengaduk/mencampur ulang kartu, dan 2) mengubah cara penyusunan atau pengorganisasian bagian-bagian dari suatu hal (termasuk pendistribusian elemen-elemen yang telah ada sebelumnya). Istilah 'reshuffle' menurut definisi ini mulai dipergunakan sejak tahun 1830.
Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.