Pages

6 September 2013

Kandidat Tuan Rumah Olimpiade 2020 (1): Istanbul, Turki

Kandidasi Tuan Rumah Olimpiade Musim Panas

Setahun kita telah meninggalkan kemeriahan Olimpiade Musim Panas 2012 yang berlangsung di kota London. Di Inggrispun baru saja diselenggarakan Anniversary Games sebagai peringatan multi-sport event sedunia tersebut. Namun, rencana untuk event serupa pada masa mendatang segera berlanjut. Tahun ini agenda olahraga internasional, selain tetap diwarnai dengan turnamen dan kejuaraan di arena, ditandai pula dengan sebuah pertemuan yang diberi judul "125th IOC Session" yang dilakukan di kota Buenos Aires, ibukota negara Argentina. Masalah utama yang dibahas di dalam sesi tersebut ialah penentuan Tuan Rumah penyelenggara Olimpiade Musim Panas (Summer Olympic Games) tahun 2020. Sesi ke-125 IOC dimulai dari tanggal 7 dan berakhir pada tanggal 10 September. Seperti yang terjadi sebelumnya dalam sesi tersebut akan terdapat presentasi dari kota-kota kandidat penyelenggara, atau lebih kita kenal dengan sebutan bidding. Untuk Olimpiade 2020 mendatang IOC telah menentukan 3 (tiga) kota kandidat sebagai "finalis" bidding di Buenos Aires, dua kota dari kawasan Eropa dan satu kota dari kawasan Asia. Pekan ini boleh jadi menjadi pekan yang menegangkan bagi Istanbul, Madrid, dan Tokyo dan segenap warga ketiga kota tersebut. Ketiganya telah mempersiapkan semua daya dukung, keunggulan, dan terlebih, keunikan masing-masing guna memenangkan "hati" IOC agar dipilih menjadi tuan rumah (host city). Baik Istanbul, Madrid, maupun Tokyo pasti telah memiliki kelebihan masing-masing. 

Pendapat saya pribadi, Istanbul merupakan perwakilan dari suatu wilayah peralihan dua benua, Asia dan Eropa, Madrid mengajukan diri karena ibukota Spanyol tersebut belum pernah menjadi tuan rumah, sedangkan Tokyo mencalonkan diri dengan bermodalkan pengalaman sebagai penyelenggara Olimpiade 1964. Profil selanjutnya tentang persiapan dan kesiapan Istanbul, Madrid, dan Tokyo untuk menyelenggarakan Olimpiade 2020 dapat disimak dalam uraian singkat berikut ini. 

Dalam tulisan kali ini saya mulai sesuai urutan alfabet, yakni kota Istanbul, disusul nanti tulisan berikutnya Madrid dan Tokyo.

istanbul2020.com.tr

Istanbul 2020 

Istanbul menawarkan diri dengan membawa semangat "Pasar baru dengan kemampuan yang terbukti sebagai tuan rumah suatu peristiwa". Master Plan ini didukung oleh semua lapisan pemerintahan di negara Turki. Para penggagas Istanbul 2020 telah mengalokasikan dana sebesar USD 4 miliar dalam National Sports Program. Presiden, Perdana Menteri, Menteri Pemuda dan Olahraga Turki, dan Walikota Istanbul telah memiliki kesamaan cara pandang bahwa pengajuan kota Istanbul sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2020 adalah kunci sebagai prioritas strategis bagi kota Istanbul pada khususnya dan negara Turki pada umumnya. Bidding Tuan Rumah Olimpiade tersebut dijadikan sebagai pilar 2023 Master Plan yang memuat sebuah program pembangunan yang ambisius untuk memperingati seratus tahun berdirinya Republik Turki. Lebih lanjut, Master Plan Istanbul 2020 ternyata telah dirintis sejak tahun 1992 dengan disahkannya Olympic Law. Istanbul 2020 diharapkan menjadi puncak usaha dan kerja keras selama dua dasawarsa terakhir. 

Butir-butir penting pendukung kampanye Olimpiade Istanbul 2020:

  • Olahraga telah menjadi bagian masyarakat Turki. Konstitusi Negara Turki sendiri telah menyebutkan prinsip-prinsip dasar Piagam Olimpiade, yang menunjukkan keyakinan bangsa terhadap kekuatan olahraga sebagai faktor pendorong kemajuan dan perubahan positif bangsa.
  • Konstitusi menjamin hak setiap warga untuk mengakses semua fasilitas olahraga dan menciptakan kehidupan yang sehat. Olimpiade dan Paralimpiade akan menciptakan sebuah proyeksi yang penting menuju puncak agenda nasional dan menciptakan suatu bangsa yang hidup dan "bernafas" dengan olahraga. Pemerintah pusat telah menetapkan alokasi dana senilai USD 1,77 miliar untuk membangun 415 fasilitas olahraga dan 24 stadion. 
  • Pelaksanaan proyek hingga saat ini telah mencapai 215 fasilitas. 
  • Olimpiade 2020 menjadi harapan besar bagi Turki sebagai ajang promosi untuk menambah minat dan semangat pembangunan dan inovasi kota Istanbul. Gerakan membangun sarana dan prasarana ini telah dimulai sejak tahun 2004 dengan anggaran kota senilai USD 1,2 miliar untuk sarana transportasi dan miliaran lagi untuk sarana umum.
  • Sumber daya dialokasikan dari anggaran kota dan pemerintah pusat untuk keperluan kampanye tuan rumah Istanbul 2020. Master Plan dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kebutuhan yang paling mendesak di kota tersebut. Di dalam Master Plan tersebut termuat proyeksi untuk melestarikan lingkungan, situs-situs sejarah dan budaya, dan percepatan aksesibilitas informasi, misalnya koneksi internet.
  • Turki memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik dan berkembang yang dari waktu ke waktu terus memapankan diri guna menjawab tantangan perkembangan masa kini. Menurut prediksi OECD, negara Turki menduduki urutan kedua negara dengan laju pertumbuhan ekonomi tercepat periode 2011-2017. 
  • Reputasi kota Istanbul telah diakui oleh masyarakat Eropa dengan ditetapkannya kota tersebut sebagai European Capital of Sport pada tahun 2012.
  • Rencana pencalonan tuan rumah Olimpiade 2020 didukung oleh sebagian besar warga kota Istanbul. Hasil "polling" menunjukkan bahwa 98% warga mendukung rencana. Selain itu, 88% warga negara Turki juga berpendapat sama. Hampir dari 90% responden survei di kota Istanbul dan 87% survei seluruh negara Turki merasa yakin bahwa Olimpiade 2020 akan berdampak positif terhadap citra bangsa/negara Turki di mata internasional. Masyarakat Turki sangat bergairah jka membicarakan tentang Olimpiade.

Promosi Pendukung Kampanye 2020

Sebagai bagian dari promosi Istanbul 2020 , Turki telah dan sedang menyediakan diri sebagai tuan rumah berbagai kejuaraan olahraga sebagai berikut:

1) Piala Dunia U20 Sepakbola (21 Juni - 13 Juli 2013)
2) Kejuaraan Dunia Bolavoli Junior Putra (22 Agustus - 1 September 2013)
3) Kejuaraan Dunia Senam Ritmik (16 - 29 September 2013)
4) Kejuaraan Dunia Panahan (29 September - 6 Oktober 2013)
5) Kejuaraan Tenis WTA (19 - 29 Oktober 2013)
6) Europion Golf Tour (7 - 10 November 2013)
7) Marathon Eurasia (17 November 2013)

Istanbul Selayang Pandang

Kunjungi tautan-tautan di bawah ini untuk mengetahui lebih banyak tentang kota Istanbul, ibukota negara Turki.
Istanbul City Guide
Historic Areas of Istanbul
Istanbul Convention Visitors Bureau
Istanbul City
Istanbul - Go Turkey
Wonderful Istanbul
Contemporary Istanbul
Istanbul, Turkey Guide

Informasi lebih lengkap kunjungi www.istanbul2020.com.tr/en
125th IOC Session, Buenos Aires 7-10 September 2013 : www.buenosaires2013.com

Kandidat Tuan Rumah Olimpiade 2020:
Istanbul, Turki
Madrid, Spanyol
Tokyo, Jepang

No comments:

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.