Pages

24 August 2013

Kamboja Selayang Pandang

Kamboja berada di bagian Barat Daya Semenanjung Indochina dengan letak astronomis 10-14 derajat
MobileReference (2011)
Lintang Utara dan 104-108 derajat Bujur Timur. Luas negara Kamboja adalah 191.035 kilometer persegi. Wilayah Kamboja berbatasan dengan negara-negara Laos dan Thailand di sebelah Utara, Vietnam dan Teluk Siam di sebelah Selatan, Vietnam di sebelah Timur, dan Thailand dan Teluk Siam di sebelah Selatan. 

Kamboja memiliki garis pantai menghadap ke Teluk Siam. Di tengah-tengah negara tersebut tersebut terdapat sebuah danau besar bernama Tonle Sap yang dikelilingi oleh pegunungan, antara lain Dong Rak, Candamon, Plato Rotano Kiri dan Plato Mondol Kiri. Barisan pegunungan tersebut memiliki ketinggian 750-900 meter dengan puncak tertinggi Phnum Aoral (1771 meter). Adapun sungai utama yang mengalir di wilayah negara Kamboja adalah Sungai Mekhong, Sungai Tongle Sap (anak dari Sungai Mekhong), Sungai Srepok, Sungai San, Sungai Khong, Sungai Chinit dan Sungai Bassac.

Phnom Penh
MobileReference (2011)
Kamboja memiliki iklim tropis di mana musim kemarau terjadi pada bulan November-Mei oleh pengaruh Angin Muson Timur Laut. Suhu rata-rata tahunan adalah 27 derajat Celsius, suhu terdingin terjadi pada bulan Desember sedangkan terpanas terjadi pada bulan Mei. 

Pemerintahan negara Kamboja adalah monarki konstitusional dengan kepala negara seorang Raja dan kepala pemerintahan seorang Perdana Menteri. Kamboja beribukota di Phnom Penh. Negara ini tersusun oleh sejumlah suku bangsa antara lain Khmer, Cina dan Vietnam. Bahasa nasional yang digunakan ialah Bahasa Khmer. Lagu Kebangsaan negara Kamboja adalah Our Country, sedangkan mata uangnya bernama Riel Kamboja.

Kamboja memiliki sejarah yang sangat panjang, mulai dari Kerajaan Funan (68-550), berlanjut ke Kerajaan
MobileReference (2011)
Chenla (550-602), Kerajaan Khmer (802-1431), "Zaman Kegelapan" (1618-1863), masa penjajahan Prancis (1863-1953), Era Kemerdekaan dipimpin oleh Raja Sihanouk (9 November 1955-1970), Republik Khmer (1970-1975), Republik Demokrasi Kampuchea oleh Komunis Khmer (1975-1979), Republik Rakyat Kampuchea (1979-1993). Konflik berkepanjangan di negara Kamboja berakhir pada tahun 1993 melalui deklarasi perdamaian yang diprakrasai oleh PBB, meskipun penandatanganan deklarasi perdamaian berlangsung dua tahun sebelumnya, tepatnya 10 Oktober 1991 bertempat di Paris, Prancis.

Pada tanggal 16 Maret 1992 PBB membentuk United Nations Transitional Authority in Cambodia (UNTAC) untuk melaksanakan Rencana Penyelesaian konflik. Bulan Mei 1993 berlangsung pemilihan umum dan menghasilkan pemerintahan koalisi. Dalam pemilihan umum tersebut terpilih Pangeran Ranaridh sebagai kepala negara dan Hunsen sebagai kepala pemerintahan. Kamboja kemudian menyusun konstitusi baru yang berlaku sejak tanggal 24 September 1993. 

GANEFO SEA Games
MobileReference (2011)
Kamboja sangat aktif di dalam kegiatan olahraga internasional. Olahraga yang paling populer di negara tersebut ialah sepakbola, meskipun belum dikelola secara profesional seperti halnya di negara-negara yang telah mapan karena kondisi ekonomi Kamboja masih belum stabil. Sepakbola diperkenalkan oleh orang Prancis. Tim nasional sepakbola Kamboja memiliki prestasi terbaik masuk Semifinal Piala Asia 1972 namun perkembangannya terhambat oleh terjadinya perang saudara. Olahraga-olahraga lain yang dimainkan oleh masyarakat Kamboja di antaranya bolavoli, binaraga, hoki lapangan, rugby union, golf, dan bisbol. Terlepas dari popularitas olahraga "impor" tersebut, Kamboja sebenarnya memiliki cabang olahraga khas seperti lomba perahu tradisional, balapan sapi, Pradal Serey, gulat tradisional Khmer dan Bokator. Di dalam arena Olimpiade (musim panas), Kamboja pertama kali ikut serta pada Olimpiade 1956 di Montreal dengan mengirimkan atlet untuk cabang olahraga Berkuda. Pada era 1960an, Kamboja sempat menjadi tuan rumah GANEFO Games, sebuah multi-sport event tandingan Olimpiade. 

Pustaka:

Idianto Mu'in MK. 2004. Pengetahuan Sosial Geografi 3. Grasindo
Jimly Asshiddiqie. 2010. Konstitusi Ekonomi, pengantar Ahmad Syafii Maarif. Penerbit Buku Kompas.
Kingkin Teja Angkasa, Iwan Prasetyo. Solusi Jitu Menghadapi Ulangan Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 5 SD/MI. Grasindo.
MobileReference. 2011. Travel Cambodia: Illustrated Guide, Phrasebook and Maps. MobileReference.
www.tourismcambodia.com

No comments:

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.