Pages

19 January 2013

Perlindungan Daerah Flora Yang Terancam Kepunahan


Kriteria Daerah Dilindungi

Kriteria Daerah Dilindungi di bawah ini disusun berdasarkan ketentuan yang dikeluarkan oleh World Conservation Union (WCU) pada tahun 2003. Penentuan kriteria dilakukan menurut tingkat campur tangan manusia di dalam daerah bersangkutan.

(1a) Suaka Alam Total. Suaka alam total disediakan untuk penelitian ekosistem yang belum pernah mengalami perubahan oleh tangan manusia.
(1b) Daerah Liar. Daerah liar adalah daerah yang dipertahankan kondisi alamnya.
(2) Taman Nasional. Taman nasional dilindungi namun terbuka untuk kunjungan manusia dengan catatan harus menjaga ekosistem yang terdapat di dalamnya.
(3) Monumen Alam. Perlindungan monumen alam dilakukan karena daerah tersebut memiliki keunikan alam namun dapat dijangkau/dikunjungi tanpa batas-batas tertentu.
(4) Daerah Pengelolaan Habitat/Spesies. Adalah daerah yang membatasi peran manusia agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga.
(5) Taman Darat/Laut. Taman darat/laut yang dilindungi adalah kawasan yang memiliki pemandangan alam/darat, telah mengalami perubahan oleh tangan manusia dalam waktu beberapa lama.
(6) Daerah Pengaturan Cadangan. Daerah pengaturan cadangan yang dilindungi adalah daerah yang dimanfaatkan oleh penduduk lokal dan dijaga kelangsungannya.

Contoh-contoh spesies flora yang terancam kepunahan

Saat ini terdapat 8.300 spesies flora yang terancam kepunahan karena polusi, penebangan hutan, pertanian intensif, urbanisasi, dan operasi daerah penambangan. Berikut ini adalah sejumlah contoh spesies flora tersebut.

(a) Impatiens letouzeyi

Impatiens letouzeyi adalah tumbuhan yang berkembang di negara Kamerun, terutama dalam dekade 1970an. Spesies ini terancam kepunahan karena pembangunan waduk yang membuat habitat alamnya tergenang.

(b) Liken

Tanaman liken terancam kepunahan karena polusi udara. Tanaman ini semula tumbuh pada pohon boreal yang terdapat di Skandinavia (terutama Norwegia dan Swedia) namun sekarang telah punah. Satu-satunya daerah yang masih dapat mempertahankan habitat liken adalah Kanada bagian Timur.

(c) Ekosistem Air Terjun Viktoria Zimbabwe

Ekosistem Air Terjun Viktoria di negara Zimbabwe saat ini sedang terancam punah karena berbagai sebab. Untuk melindungi kelestariannya maka kawasan tersebut ditetapkan sebagai monumen alam.

(d) Pohon Cucumber

Pohon cucumber hanya ditemukan di negara Yunani. Meskipun mampu beradaptasi dengan daerah kering pada musim panas, namun jumlahnya semakin berkurang akibat digunakan untuk makanan ternak, khususnya sapi. 

(e) Ngorongoro Tanzania

Daerah Ngorongoro di negara Tanzania memiliki flora dan fauna yang sangat beragam. Untuk mencegahnya dari kepunahan maka daerah tersebut ditetapkan sebagai warisan dunia.

(f) Uluru Australia

Daerah semi-gurun Uluru di Benua Australia dilindungi sebagai Suaka Biosfer.

Referensi:
Judul buku : "Plants: Understanding the Diversity of the Plant World"
Penyunting :  Francois Fortin, Stephanie Batigre
Penerbit : Jacques Fortin

No comments:

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.