Pages

13 September 2012

5+ QS Stars Untuk Nanyang Technological University



Nanyang Technological University (NTU), yang berkedudukan di negara Singapura, baru-baru ini mendapatkan predikat bintang 5 plus dari QS World University Rankings 2012-2013. Reputasi ini menjadikan NTU sebagai universitas Asia yang memperoleh predikat bintang 5+ (5+ QS Stars). Pada peringkat QS-WUR 2012-2013 Nanyang Technological University memang tidak menjadi universitas teratas di kawasan Asia (yang didokumentasikan secara lebih khusus oleh QS-WUR dalam QS Asian University Rankings). NTU berada pada peringkat ke-17, sedangkan secara keseluruhan NTU menduduki peringkat ke-47 dunia. 

Entah seberapa pengaruh predikat bintang 5+ tersebut bagi NTU dan bagi para pesaingnya, yang jelas NTU saat ini boleh dikatakan semakin disegani di kawasan Asia pada umumnya, dan Asia Tenggara pada khususnya. Dengan predikat bintang 5+, NTU dapat pula dikatakan telah memenuhi semua kriteria universitas yang ideal untuk kegiatan belajar-mengajar dan riset menurut QS-WUR.

Mari kita tengok sejarah singkat dan perjalanan Nanyang Technological University hingga mencapai status elite saat ini.

Sejarah Singkat Nanyang Technological University

Nanyang Technological University mulai beroperasi pada tahun 1955 dengan nama Nanyang University, atau Nantah. Universitas ini menjadi perguruan tinggi pertama di luar negara Cina yang mempergunakan bahasa Cina. Perkembangan Nanyang University tidak lepas dari peran serta pihak penyandang dana, The Singapore Hokkien Huay Kuan. 

Pintu Gerbang (dulu)

Pintu Gerbang (sekarang)

Memasuki era 1980an, Nanyang University melakukan 'merger' dengan University of Singapore (1980). Setahun berikutnya, berdirilah Nanyang Technological Institute (NTI) dan NTI inilah yang menjadi awal dipergunakannya bahasa Inggris di dalam kegiatan belajar-mengajar. Menurut penilaian Commonwealth Engineering Council waktu itu, NTI merupakan salah satu institusi pendidikan jurusan teknik terbaik di dunia. Pada tahun 1985 satu lagi cabang kampus didirikan, yakni School of Accountancy and Business (sekarang berganti nama Nanyang Business School).

Perubahan nama Nanyang University menjadi Nanyang Technological University terjadi pada tahun 1991. Perubahan nama ini dilatarbelakangi oleh berdirinya National Institute of Education yang merupakan institusi yang otonom terhadap NTU. Pada tahun 1995, School of Accountancy and Business berubah nama menjadi Nanyang Business School dan mempertahankan nama Cina, "Nantah", sebagai bentuk pengakuan terhadap cikal-bakal berdirinya Nanyang University. 

Awal millennium kedua ditandai dengan terbentuknya institusi baru bernama School of Applied Science, School of Biological Sciences, perubahan nama School of Communication Studies menjadi School of Communication & Information (yang kemudian sekarang dikenal sebagai Wee Kim Wee School of Communication and Information), dan perubahan nama School of Civil and Structural Engineering menjadi School of Civil and Environmental Engineering. 

Kegiatan tingkat internasional yang berlangsung di Nanyang Technological University antara lain Olimpiade Fisika ke-37 (2006) yang diikuti oleh 400 peserta dari 86 negara (rekor terbesar dalam sejarah Olimpiade Fisika) dan multievent olahraga terbesar dunia untuk kategori mahasiswa, Youth Olympic Games (2010).

Kondisi Terkini Nanyang Technological University 

Nanyang Technological University menduduki wilayah seluas 200 hektar (yang ditata sedemikian rupa sehingga berbentuk kampus taman, atau "garden campus"). Masuk akal jika prinsip "garden campus" dijalankan di Singapura mengingat negara tersebut tidak memiliki terlalu banyak "jalur hijau". Kampus ini memiliki 16 gedung untuk asrama mahasiswa jenjang sarjana dan satu gedung tambahan lagi di Youth Olympic Village untuk asrama para mahasiswa yang mengikuti Youth Olympic Games 2010
Garden Campus NTU
Nanyang Technological University saat ini menjadi sebuah universitas riset dengan disiplin andalan sains dan teknik. Jumlah mahasiswa (jenjang sarjana dan pascasarjana) saat ini mencapai 33.500 orang, baik domestik maupun internasional.

Pada tahun 2010 Nanyang Technological University mencanangkan 'Five Peaks of Excellence' ke dalam rencana strategis 5 tahun institusi tersebut (NTU 2015). Targetnya ialah menjadi universitas global (atau, World-Class University) pada tahun 2015. Disebut sebagai 'Five Peaks of Excellence' karena NTU mengutamakan lima bidang yang menjadi pilar kekuatannya: kesinambungan (sustainability), pelayanan kesehatan (healthcare), media baru (new media), menggabungkan unsur terbaik dari Timur dan Barat (tbe best of the East and West), dan inovasi (innovation). Kelima pilar ini menjadi pengawal kekuatan institusi NTU, khususnya dalam bidang teknik dan bisnis. Sebagai penyokong sukses 'Five Peaks of Excellence' NTU telah mempersiapkan dana riset senilai 849 juta dollar Singapura. 
Diskusi Tentang Pemilu Indonesia (2004)
Pada bulan Juli 2005 Nanyang Technological University menjadi institusi pendidikan tinggi pertama Asia yang memperoleh predikat bintang 5 dari QS Stars. Predikat QS Stars ini mencakup delapan bidang penting yaitu riset, tingkat tenaga kerja yang dihasilkan (employability), pengajaran, infrastruktur, internasionalisasi, inovasi, keterlibatan, dan kekuatan spesialis.

Kerjasama dengan institusi pendidikan internasional yang saat ini dilakukan oleh NTU antara lain dengan Massachusetts Institute of Tehnology (MIT), Stanford University, Cornell University, Carnegie Mellon University, University of Cambridge, Technische Universitaet Muenchen, Peking University, dan Waseda University. Sedangkan kerjasama dengan institusi selain pendidikan dilakukan bersama Thales, Rolls-Royce, Fraunhofer-Gesellschaft, Robert Bosch, dan Toray Industries Inc. 

Reputasi NTU yang dimiliki oleh masing-masing jurusan antara lain sebagai berikut: NTU College of Engineering saat ini menjadi institusi bidang teknik terbesar di dunia dengan memiliki enam jurusan bidang teknologi dan inovasi. NTU CoE terlibat i dalam kegiatan riset dengan tiga universitas terbaik di dunia; NTU College of Science menyabet penghargaan fakultas dan laboratorium kelas-dunia dan menjadi satu-satunya institusi yang memberikan gelar sarjana kehormatan langsung dalam bidang ilmu biologi, fisika, dan matematika; Nanyang Business School menduduki peringkat pertama Asia dalam riset akuntansi dan menjadi satu dari hanya tiga institusi sejenis dari Asia yang mendapatkan akreditasi kualitas internasional dari European Quality Improvement System (EQUIS) dan Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB); College of Humanities, Arts, & Social Sciences yang menjadi markas Wee Kim Wee School of Communication and Information merupakan salah satu institusi jurnalisme dan media elite di Asia, menjadi institusi pertama Singapura yang membuka jurusan profesi seni, desain, dan media digital interaktif; National Institute of Education menjadi konsultan pendidikan untuk negara lain, dari Asia Tenggara hingga Arab; S Rajaratnam School of International (RSIS) yang merupakan institusi otonom dari NTU mendapatkan pengakuan internasional untuk studi strategi dan keamanan melalui Institute of Defence and Strategic Studies. RSIS merupakan salah satu pelaku utama Global Go-To Think Tank Asia tahun 2011; Singapore Centre on Environmental Life Sciences Engineering sedang berusaha menjadi institusi riset terkemuka di dunia dalam bidang biofilm mikroba yang fokus perhatiannya tertuju pada pencarian solusi-solusi baru untuk pelestarian kualitas air dan lingkungan. 

Open House NTU (2012)
Demikianlah sekilas tentang Nanyang Technological University (NTU) yang pada QS World University Rankings periode 2012-2013 memperoleh predikat 5+ QS Stars. Sebuah pengakuan yang sebanding dengan usaha yang selama ini dilakukan dan diperjuangkan untuk memantapkan diri sebagai salah satu World-Class Universities. 

Anda tertarik untuk kuliah di Nanyang Technological University sana?? Ya belajar dong ah, jangan bisanya cuma tuker-tukeran nomor pin... Cekakak!

20 Universitas Top Asia Versi QS Asian University Rankings

QS World University Rankings
topuniversities.com
Asia telah dimasukkan ke dalam kategorisasi tersendiri QS World University Rankings sejak tahun 2009. Penentuan peringkat universitas/perguruan tinggi kawasan Asia, yang kemudian diberi nama QS Asian University Rankings, dilakukan atas kerjasama QS-WUR dengan The Chosun Ilbo, sebuah surat kabar yang berkedudukan di Korea. Kedua pihak ini menerbitkan laporan tahunan 200 Universitas Terbaik Asia. Berikut ini adalah 20 universitas terbaik versi "QS Asian University Rankings" periode 2012-2013 berdasarkan peringkat overall. Top 20 QS Asian University Rankings 2012-2013



# Nama Institusi Asal Negara
1 The Hong Kong University of Science & Technology Hong Kong, Cina
2 National University of Singapore Singapura
3 University of Hong Kong Hong Kong, Cina
4 Seoul National University Korea Selatan
5 The Chinese University of Hong Kong Hong Kong, Cina
6 Peking University Republik Rakyat Cina
7 Korea Advanced Institute of Science & Technology Korea Selatan
8 The University of Tokyo Jepang
9 Pohang University of Science & Technology Singapura
10 Kyoto University Jepang
11 Osaka University Jepang
12 City University of Hong Kong Hong Kong, Cina
13 Tokyo Institute of Technology Jepang
14 Tohoku University Jepang
15 Tsinghua University Republik Rakyat Cina
16 Yonsei University Korea Selatan
17 Nanyang Technological University Singapura
18 Nagoya University Jepang
19 Fudan University Republik Rakyat Cina
20 National Taiwan University Cina Taipei
Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.