Pages

10 September 2012

Mengenal Lebih Dekat Barbel Angkat Besi


Pencapaian atlet angkat besi Eko Yuli Irawan dan Triyatno begitu membanggakan. Dengan dua keping medali yang mereka peroleh kontingen Indonesia berhasil mempertahankan tradisi medali Olimpiade yang telah dirintis sejak Olimpiade Seoul 1988.

Dalam kesempatan ini kita akan sejenak menengok salah satu peralatan penting olahraga angkat besi yang kita kenal dengan sebutan "barbel". Apa saja bagian dari barbel tersebut? Berikut ini adalah fitur singkat tentang bagian-bagian dari barbel untuk olahraga angkat besi.

Semua gambar di bawah ini dikutip dari situs resmi ELEIKO yang merupakan produsen peralatan angkat besi, powerlifting, dan piranti latihan kebugaran. ELEIKO adalah perusahaan yang bermarkas besar di Halmstad, Swedia dan telah dipercaya oleh International Weightlifting Federation (IWF) sebagai supplier olahraga angkat besi tingkat internasional.

Perlu diketahui bahwa bagian-bagian barbel berikut ini adalah spesifikasi untuk angkat besi perlombaan atau kompetisi, bukan untuk latihan, dan spesifikasi inilah yang dipergunakan dalam pertandingan angkat besi Olimpiade.

Secara garis besar satu set barbel terdiri atas 3 (tiga) bagian utama: 1) BAR, 2) COLLARS, dan 3) DISCS.


BAR

Bar adalah sebutan dari palang untuk pegangan atlet angkat besi/powerlifting (atau kita sebut "lifter") pada saat mengangkat barbel.
Bar (lifter putra)

Spesifikasi bar untuk lifter putra
Berat: 20 kg
Panjang: 2200 milimeter
Lingkar pegangan: 28 milimeter
Bar (lifter putri)

Spesifikasi bar untuk lifter putri
Berat: 15 kg
Panjang: 2010 milimeter
Lingkar pegangan: 25 milimeter


COLLARS

Collar adalah bagian set barbel yang berfungsi untuk mengunci barbel yang terdapat pada bagian paling luar (lihat gambar).
Collars
Tidak ada spesifikasi tersendiri untuk lifter putra maupun putri.

DISCS

Disc atau cakram terdiri atas tiga jenis, yakni:

1) disc tanpa selubung karet (4 warna dan ukuran berbeda)

Disc 10 kg
Disc 15 kg
Disc 20 kg

Disc 25 kg

2) disc dengan selubung karet, atau 'rubbercoated' (RC) (2 warna dan ukuran berbeda)
Disc RC - 2,5 kg

Disc RC - 5 kg

3) disc penahan geser atau 'friction grip (FG)' (3 warna dan ukuran berbeda).
Disc FG - 0,5 kg

Disc FG - 1,5 kg

Disc FG - 2 kg

Komposisi lengkap bar, collars, dan discs, jika digabungkan menjadi satu akan menghasilkan berat total 195 kilogram untuk lifter putra dan 185 kilogram untuk lifter putri.
Barbel lengkap (lifter putra)
Barbel lengkap (lifter putri)



All pictures are the copyrights of eleikosport.se 


Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.