Pages

6 September 2012

Mengintip Geliat Pabrikan Telepon Seluler Cina

Industri telekomunikasi negara Cina mulai terlihat geliatnya. Kekuatan raksasa dari Timur ini telah nyata-nyata menjadi ancaman serius negara-negara yang selama ini termasuk dalam jajaran industri papan atas dunia, misalnya Jepang, Korea di Asia dan Jerman dan Prancis di Eropa. Di Indonesia sendiri pasar piranti telekomunikasi Cina semakin semarak, antara lain dalam bentuk telepon seluler. Dengan fitur dan fasilitas yang hampir setara, tampilan yang bersaing, namun harga lebih terjangkau, telepon seluler Cina tak kalah ikut bergaya di pasar Indonesia. Ya, produk dengan harga lebih murah pasti akan dicari oleh banyak konsumen.

Namun demikian bukan berarti kualitas harga murah tersebut tidak bagus. Teknologi komunikasi Cina tidak boleh dipandang remeh. Buktinya hingga tahun 2007 Cina telah berhasil memproduksi dan memasarkan 600 juta telepon seluler, atau 50% dari total produksi seluruh dunia. Volume penjualan pada tahun 2007 tersebut mencapai nilai 23 miliar dollar AS, atau terjadi kenaikan sebesar 17% dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan nilai ekspor telepon seluler pada tahun 2006 mencapai 31,214 juta dollar AS.

Pada periode 2005-2008 Cina menunjukkan kesungguhannya untuk memenuhi kebutuhan pasar seutuh mungkin, dengan memperhatikan dua kelas konsumen yang berbeda: kelas konsumen bawah dengan penyediaan telepon seluler berharga murah dan kelas konsumen atas dengan penyediaan telepon seluler multimedia yang multifungsi, misalnya dilengkapi dengan televisi, MP3, dan GPS.


Pabrikan Telepon Seluler Negara Cina

Selain diramaikan oleh pabrikan-pabrikan internasional seperti Nokia, Motorola, Blackberry, LG, Samsung, dan Sony Ericsson, Cina juga telah memiliki pabrikan telepon seluler sendiri. Berikut sebagian daftarnya.


China Kejian Corporation Ltd.


kejian.com
Kejian bermarkas besar di Shenzhen. Produk yang dibuat oleh perusahaan ini adalah telepon seluler, smarphones, mobile computer, software dan jaringan komputer. Kejian pernah menjadi sponsor salah satu klub sepakbola English Premier League, yakni Everton. Kiprah sepakbola Eropa Kejian ini terjadi pada musim kompetisi 2002-2003.

Contoh telepon seluler produksi Kejian
K698
convergenceplus.com













Konka Group Co., Ltd.


konka.com
Konka berdiri pada tahun 1980 dengan kantor pusat di Shenzhen. Perusahaan ini sekarang dipimpin oleh Hou Songrong dan Chen Yuehua. Bergelut dalam bidang telekomunikasi dan elektronik selama lebih dari 30 tahun, Kejian kini telah memiliki empat perusahaan cabang utama yang memasarkan telepon seluler, alat komunikasi, televisi dan lemari es.

Contoh telepon seluler produksi Konka
Kanzi 3D UI
bestofandroid.com













Legend Group 


lenovo.com
Nama yang masih asing, namun pembaca mungkin telah familiar dengan Lenovo? Nah, Lenovo Group Limited merupakan bagian dari Legend Group. Lenovo mulai beroperasi sejak tahun 1984 di kota Beijing. Pimpinan perusahaan sekarang dipegang oleh Liu Chuanzhui dan perusahaan ini telah mencapai label multinasional di dalam teknologi informasi dan elektronik. Jumlah karyawan Lenovo menurut statistik tahun 2012 adalah 27.000 orang. Mereka semualah yang membantu perusahaan meraup net income sebesar 472,99 juta dollar AS.

Produk lain dari Lenovo yang telah dikenal adalah komputer, netbook, notebook, komputer tablet, dan printer.

Contoh telepon seluler produksi Lenovo
mobile phones
morningwhistle.com









Ningbo Bird


nbbird.com
Ningbo Bird mulai terjun dalam inndustri telekomunikasi sejak tahun 1992. Perusahaan ini dirintis di Fenghua dan menjadi produsen telepon seluler terbesar di negara Cina periode 2003-2005. Untuk memperkuat posisinya sekaligus menjangkau pasar konsumen yang lebih luas, Ningbo Bird mendirikan perusahaan baru di Hong Kong dengan nama Bird pada tahun 2003. Adapun pusat pengembangan perusahaan Bird berada di kota Chonqing, Hangzhou, dan Ningbo.

Contoh telepon seluler produksi Ningbo Bird
E901
byemobile.com













TCL Corporation 
tcl.com

TCL Corporation berdiri pada tahun 1981 dan memiliki markas besar di Huizhou. Pada tahun 2010 TCL menduduki peringkat ke-25 dunia sebagai produsen alat elektronik dan peringkat ke-6 produsen televisi terbesar di dunia. Bidang telepon seluler mulai diadakan pada tahun 2007, di mana sebelumnya TCL bernaung di bawah bendera Alcatel untuk industri telepon seluler ini.

Contoh telepon seluler produksi TCL Corporation
mobile phones
mobileisgood.com













ZTE Corporation
zte.com.cn

ZTE adalah singkatan dari Zhongxing Telecommunication Equipment). Perusahaan yang bermarkas di Shenzhen ini didirikan oleh Hou Weigui pada tahun 1985. Bidang industrinya selain telepon seluler antara lain hardware dan software komputer. Pada tahun 2011 meraih net income sebesar 1.067,2 juta Yuan dan revenue sebesar 86.254,5 juta Yuan. ZTE sekarang diperkuat oleh 89.786 orang tenaga kerja dan telah memiliki perusahaan cabang di Australia, Jerman, Amerika Serikat, dan Hong Kong.

Contoh telepon seluler produksi ZTE 
X990
rajsamand.in










Huawei Technologies Co. Ltd.

Huawei Technologies telah berlabel perusahaan multinasional dalam bidang networking dan telekomunikasi. Markas besarnya berada di Shenzhen dan saat ini menjadi produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, menggeser reputasi Ericsson!

Huawei didirikan oleh Ren Zhengfei pada tahun 1988 dengan jumlah karyawan pada tahun 2012 ini mencapai 140.000 orang. Pada tahun 2010 Huawei mendapatkan nilai laba sebesar 23,8 miliar Yuan.

Contoh telepon seluler produksi Huawei
mobile phones
endgadget.com













Dopod
dopod.com

Dopod merupakan perusahaan telepon seluler yang bermarkas besar Wuhan dan di Cina Taipei (Taiwan) yang berdiri pada tahun 2004. Dopod memproduksi juga memasarkan Windows mobile smartphones dengan pasar operasi di Asia Tenggara dan Australasia. Jika pembaca pernah mengetahui telepon seluler bermerk HTC, ya itulah telepon seluler buatan Dopod. Dalam perkembangannya Dopod sekarangi ini telah berhasil memproduksi PDA.

Contoh telepon seluler produksi Dopod 
Touch Diamond
pdadb.net









Haier Group
haier.com

Haier adalah perusahaan elektronik yang telah beroperasi selama hampir 3 dekade. Perusahaan ini bermarkas besar di Qingdao. Selain memproduksi telepon seluler, Haier juga memasarkan air conditioner, microwave oven, mesin cuci, lemari es, dan televisi. Di bawah kinerja sejumlah figur penting dan berkualitas seperti Zhang Ruimin dan Wu Kesong, pada tahun 2011 Haier meraup laba senilai 23,3 miliar dollar, hasil kerja keras para karyawannya yang telah mencapai 70.000 orang.

Contoh telepon seluler produksi Haier
Winmo 6.5
gadgetfolder.com













BBK Electronics Corporation, Inc. 
bbk.ru

BBK Electronics bermarkas besar di Guanzhou. Perusahaan ini didirikan oleh Duan Yongping dan bergerak dalam bidang elektronik. Selain telepon seluler, BBK Electronics juga memproduksi televisi, mp3 player, dan kamera dijital.

Ada satu hal yang unik dari BBK Electronics, yakni website resminya berbahasa Rusia, bukan bahasa Cina sendiri.

Contoh telepon seluler produksi BBK Electronics

bbk.ru



Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.