Pages

27 March 2012

Selamat Datang di Wuhan

YELLOW CRANE TOWER, WUHAN
Wuhan memang bukan Beijing, Shanghai, atau Guangzhou yang terkenal di seantero jagad. Akan tetapi, sebagian mata dunia, terutama mereka para pencinta olahraga bulutangkis, akan segera mengarah ke daerah yang kini menjadi ibukota Provinsi Hubei tersebut. Pasalnya, di Wuhan lah kejuaraan dunia beregu putra dan putri bulutangkis tahun ini akan diselenggarakan, tepatnya pada tanggal 20-27 Juni 2012.

Semenarik dan sepenting apakah Wuhan sehingga Cina menunjuk kota ini dalam 'bidding' tuan rumah Piala Thomas dan Piala Uber 2012? Meskipun tidak terlalu lengkap, marilah kita awali perkenalan kita dengan Wuhan. Bagi sejumlah pebulutangkis debutan, kota ini pasti akan bersejarah bagi perjalanan karir bulutangkis mereka. Terlebih jika nanti mampu mengukir prestasi gemilang, Wuhan akan semakin berkesan di hati para pelakunya.

WUHAN SELAYANG PANDANG

Iklim

Kota ini memiliki iklim subtropis dengan kelembaban yang relatif tinggi karena curah hujan dan sinar matahari berlangsung sepanjang tahun meskipun daerah ini mengalami empat musim yang berbeda. Iklim di daerah Wuhan tergolong ramah. Dalam tiga puluh tahun terakhir, rata-rata curah hujan mencapai 1.269 mm, yang mencapai puncaknya antara bulan Juni dan Agustus. Suhu tahunan antara 15,8-17,5 derajat Celsius, lama cahaya matahari 1.810-2.100 jam/tahun, dan periode selain musim dingin adalah 211-272 hari/tahun.

Administrasi
Wuhan adalah ibu kota Provinsi Hubei, Tiongkok. Kota ini adalah kota terpadat penduduknya di bagian pusat Tiongkok. Penduduknya berjumlah 9.100.000 jiwa (2006). Ia juga telah memiliki jalur metro yang menghubungkan beberapa tempat di wilayah kota Hankou. Wuhan masa kini merupakan gabungan dari tiga kota yang berdekatan dan terletak di lembah Sungai Yangtze. Wilayah kota Wuchang dan Hanyang merupakan dua kota yang pertama bergabung dan memiliki benteng pertahanan bersama. Kota lain yang kemudian bergabung adalah Hankou. Pada tahun 1920-an, Wuhan pernah menjadi ibu kota pemerintah Kuomintang yang dipimpin Wang Jingwei sebagai lawan dari Chiang Kai-shek.

Ekonomi

Bagi negara Cina, Wuhan memiliki status ekonomi dan regional yang kuat. Kota ini menghubungkan wilayah Timur dengan Barat, dan Utara dengan Selatan. Perannya dalam kegiatan lalu lintas air, darat dan udara sangatlah signifikan bagi Cina Daratan. Dari Wuhan orang dapat pergi ke luar wilayah negara Cina, seperti Jepang dan Korea Utara. Posisinya juga sangat berperan sebagai pendukung lingkaran metropolis Beijing, Shanghai, Guangzhou, Chengdu dan Xi'an. Sulit kiranya memisahkan dinamika kehidupan Cina Tengah dari eksistensi Wuhan.

KE MANA SAJA SELAMA DI WUHAN?

Yellow Crane Tower


Yellow Crane Tower adalah salah satu menara yang paling terkenal dan spektakuler di Cina. Lokasi ini wajib dikunjungi oleh wisatawan yang datang kesana. Yellow Crane Tower dibangun pada tahun 223 selama kekuasan Tiga Kekaisaran (Three Kingdoms Period). Fungsinya adalah sebagai menara prajurit Wu. Menara ini telah mengalami kerusakan beberapa kali dan sekarang digeser 1 kilometer dari tempat aslinya.

Yellow Crane Tower saat ini memiliki ketinggian 52 meter dan terdiri atas lima tingkat. Arsitekturnya berasal dari Dinasti Qing dan renovasi yang dilakukan terhadapnya selesai pertama kali pada tahun 1985. Menara ini terletak di Bukit Naga (Snake Hill) dan pengunjung dapat menyaksikan pemandangan yang mempesona ke arah utara tempat beradanya Sungai Yangtze (Chanjiang). Lantai pertama berisi deskripsi tentang sejarah keberadaan menara tersebut sebagai salah satu bangunan yang paling terkenal di seluruh Cina. Deskripsi tersebut ditulis oleh Cui Hao, seorang penyair tenar dari Dinasti Tang (618-907). Yellow Crane Tower rupanya menjadi sumber inspirasi banyak penyair selama berabad-abad. Dalam periode Dinasti Qing saja terdapat 300 karya yang menuliskan tentang menara tersebut.

East Lake

East Lake adalah danau terluas di kota bagian dalam negara Cina dan memiliki banyak pemandangan yang terdapat di sepanjang tepinya. Danau ini menduduki areal seluas lebih dari 80 kilometer persegi dengan luas bagian perairan 33 kilometer persegi. East Lake menawarkan pemandangan yang menarik sekali. Dalam cuaca yang berkabut sekalipun, East Lake tidak kehilangan sentuhan magisnya. Jika anda berkesempatan pergi ke sana, jangan lupa mampir ke danau ini. Di sana telah siap fasilitas kapal untuk mengarungi dan menikmati keindahannya. Pada Musim Semi, sepanjang tepi East Lake berubah menjadi taman bunga. Di sana tumbuh bungaMei (yang dijuluki sebagai raja) dan Cherry (sebagai ratu) di tengah-tengah bermacam jenis bunga. Satu lagi bunga yang terkenal adalah teratai. East Lake memiliki riwayat yang panjang dan hal ini khususnya digambarkan dalam masa Kekaisaran Chu.

Di East Lake orang akan menjumpai taman-taman yang sangat menarik perhatian, seperti Mei Blossom Garden, Forrest of the Birds, Cherry Blossom Garden dan sejumlah monumen peninggalan zaman kuno, bukit yang indah dan pemandangan alam yang hijau. Di samping itu East Lake juga terkenal dengan Moshan Botanic Garden yang memiliki berbagai jenis bunga, termasuk teratai.

Moshan Hill

Moshan Hill adalah rangkaian objek wisata yang dapat wisatawan temukan di East Lake. Bukit yang memiliki ketinggian 118 meter ini terletak di sebelah Tenggara East Lake. bukit ini dikelilingi oleh danau dari Timur, Barat, dan Utara, dihiasi oleh Kastil Chu pada bagian tepi danau. Moshan Hill memiliki enam puncak dan menjadi 'landmark' bagi Kebudayaan Chu. Di sana orang akan dapat mengunjungi Chu Castle, Chu Bazaar, Chu Heaven Platform, dan Chu Talents Park, yang merupaakn representasi dari citarasa dan keindahan klasik kebudayaan tersebut.

Pada sisi bukit tersebut terdapat Chutian Tower, sebuah menara yang menyimbolkan kekuatan dan kemakmuran Negara kuno Chu. Tidak berhenti di situ, kita juga dapat mengunjungi sebuah altar yang menurut legenda Zhaolie, Raja Chu, sering dipergunakan sebagai tempat persembahan kepada dewa.

Hubei Provincial Museum

Hubei Provincial Museum adalah museum yang menyimpan lebih dari 200.000 artefak berharga dan menjadi museum terkemuka di negara Cina. Artefak yang penting berasal dari makam Marquis Yi (Zhenghouyi), yang hidup pada abad V Sebelum Masehi. Artefak yang satu ini menjadi harta karun yang tak ternilai harganya di dunia. Di Hubei Provincial Museum orang dapat menyaksikan "Chime Bells of Marquis Yi" yang berjumlah 65 buah dan terbuat dari bahan perunggu. Suaranya merdu, seindah warna perunggunya yang berkilau. Lonceng-lonceng tersebut dipercayai menjadi salah satu artefak tercantik yang berasal dari Periode Perang Antarkerajaan. Pada setiap lonceng terdapat ukiran emas yang menceritakan tentang musik dan masing-masing dapat menghasilkan dua nada yang berbeda. Pengunjung dapat menikmati konser, baik gaya barat maupun gaya Cina, yang disajikan oleh musisi setempat. Jika kurang puas dengan musik 'live', pengunjung dapat membawa rekamannya pulang sebagai oleh-oleh karena fasilitas ini telah tersedia di outlet-outlet di lokasi museum.

Koleksi lain yang tak kalah hebat adalah pedang Raja Gou Jian dari Kerajaan Yue, dan panah Fu Cai dari Kerajaan Wu. Kedua benda ini ditaksir telah berusia dua ribu tahun tetapi kondisinya masih sempurna. Pada tahun 1978, lebih dari 15.000 benda peninggalan yang berasal dari makam Marquis Yi disimpan di Hubei Provincial Museum.

Pusat Perbelanjaan

Selain kaya akan peninggalan masa lalu, Wuhan juga tidak ketinggalan di dalam mengikuti perkembangan zaman. Gaya hidup masa kini seperti berbelanja dapat dilampiaskan selama anda berkunjung di kota ini. Pusat perbelanjaan terdapat di Jiangshan Road, Distrik Jiangshan, yang tak lain adalah kawasan perdagangan terbesar di Wuhan. Jalan ini sangat bersejarah dan terdapat banyak bangunan kuno yang berbaur dengan bangunan-bangunan modern seperti Zhongxin Department Store. Restoran dengan berbagai citarasa juga tersedia lengkap di sana. Di kawasan ini orang juga tidak akan kesulitan untuk mencari bank dan kantor pos. Pada saat senja datang, Jiangshun Road kemilau dengan tebaran cahaya lampu yang berwarna-warni, tidak kalah dari gemerlapnya Las Vegas. Orang dari berbagai generasi berbaur di situ.

Satu lagi pusat perbelanjaan yang tidak boleh dilewatkan adalah pusat belanja di Kawasan Perdagangan Hankou yang terdapat di Zhongshan Avenue dan Jianfang Avenue. Di sini anda dapat menemukan mal-mal terkenal termasuk Wuhan World Trade Plaza, Wuhan Plaza, Wuhan Department Store yang berseberangan dengan Zhongshan Park, dan tak ketinggalan franchise terkenal Walmart. Jika ingin mencari merek lokal dan internasional, kunjungilah People's Parade (Xin Min Zhong Le Yuan). Di lokasi ini terdapat banyak barang bermerk dan tersebar di ketiga lantainya. Adapun para pemburu benda antik, Antique Market di Hongkong Road adalah pilihan yang tepat.

PROVINSI HUBEI

Ibukota: Wuhan
Nama Gubernur yang Menjabat Sekarang: Li Hongzhong
Ketua Partai: Luo Qingquan
Jumlah Penduduk: 60.160.000 jiwa
Tingkat Kepadatan Penduduk: 324/kilometer persegi
Luas Wialyah: 185.900 kilometer persegi
Kota-kota Utama:Wuhan, Huangshi, Shiyan, Shashi, Xiangfan, Yichang
GDP (2007): 915 miliar Yuan
Etnis Mayoritas:  Han (95.6%), Tujia (3.7%), Miao (0.4%)
Prefecture-level divisions: 13
County-level divisions: 102

Sumber: Dari berbagai sumber.
Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.