Pages

26 February 2012

Afar Depression Ethiopia Salah Satu Daratan Terdalam di Dunia

Afar Depression, Ethiopia adalah salah satu daerah terdalam dan terluas di bawah permukaan air laut yang secara subaerial terekspose pada daratan. Depresi ini mengandung fosil hominid tertua dan memiliki cuaca panas dan terdapat di daerah Sungai Awash yang mengalir menuju ke selatan wilayah Afrika bagian Timur. Cabang alirannya ada yang menuju ke Danau Abhe. Afar Depression meliputi wilayah negara Ethiopia, Eritrea, Sudan dan Somalia dan wilayah perairan Laut Merah dan Teluk Aden.

Secara topografis disebut daerah rendah karena terletak pada persimpangan segitiga tektonik, di mana lempeng utamanya terbelah sehingga menyebabkan subsidensi regional. lempeng bagian Arab bergerak ke arah Timur Laut dari dari benua Afrika, sedangkan lempeng bagian Somalia bergerak, dengan kecepatan yang lebih rendah, menuju arah Tenggara. Depresi Laut Merah bagian selatan dan Afar bagian Utara-Tengah membentuk dua "rift basins" yang condong ke arah Utara-Timur Laut, dipisahkan oleh Danakil Horst, yang secara historis merupakan awal perpisahan antara benua Afrika dan Arab. Dari kedua patahan ini, depresi Afar terbentuk ke arah Timur Laut (Patahan Besar Ethiopia) dan ke arah Utara-Timur Laut (Teluk Aden). lempeng tinggi Ethiopia terbentuk di daerah Barat. Bebatuan karang vulkanik zaman Pliocene dari rangkaian stratoid Afar dan vulkanik zaman Pleistocene hingga sekarang pada Axial Ranges terbentuk di dasar Depresi ini. Sedangkan sedimen detrital dan kimia dari zaman Miocene hingga sekarang mengalami interkalasi dengan vulkanik pada basin.

Patahan Besar Ethiopia dan Afar Utara-Tengah merupakan bagian dari Sistem Patahan Afrika Timur kontinental. Kedua sistem patahan yang berbeda secara kinematik ini, yang memiliki karakteristik "intercontinental rifting", memiliki tahap evolusi yang berbeda. Pada bagian Utara dan Timur, patahan-patahan kontinental bertemu dengan patahan lautan, tepatnya Laut Merah dan Teluk Aden, yang masing-masing mengalami propagasi ke dalam benua.

Studi refraksi seismik dan gravitasi menunjukkan bahwa ketebalan lapisan pada Patahan Besar Ethiopia kurang dari atau sama dengan 30 kilometer. Sementara di Afar ketebalan beragam antara 23 dan 26 kilometer di daerah Selatan dan 14 kilometer di daerah Utara. lempeng tinggi pada kedua sisi patahan memiliki ketebalan lapisan 35 sampai dengan 44 kilometer. Tingkat pemisahan berdasarkan studi geologi dan geodesi mencapai 3-6 milimeter per tahun pada sektor Utara Patahan Besar Ethiopia antara lempeng Afrika dan Somalia. Sedangkan tingkat pemisahan antara Afrika dan Arab di sepanjang patahan Afar Utara-Tengah relatif lebih cepat, sekitar 20 milimeter per tahun. Arah paleomagnetik dari basalt Cenozoic di Teluk Aden yang menjadi bagian dari Arab menunjukkan rotasi berlawanan arah dengan jarum jam sebesar 7 derajat dari lempeng Arab yang berhubungan dengan Afrika, dan rotasi searah dengan jarum jam sebesar 11 derajat pada Afar bagian Timur. Meluasnya patahan kedua sisi wilayah paling Selatan Patahan Laut Tengah, Ethiopia, dan Yaman mulai terjadi sejak 22-29 juta tahun yang lalu.
Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.