Pages

4 February 2012

9 Pencakar Langit dan Landmark Baru

Battersea Power Station, London

Battersea Power Station, London merupakan renovasi dari bangunan lama yang terletak di pinggir Sungai Thames. Arsitek bangunan ini adalah Terry Farrell & Partners. Bangunan akan dikelilingi oleh permukinan dan area parkir dan sebagai puncaknya terdapat empat cerobong pada empat sisinya.

Angkasa Raya Tower, Kuala Lumpur

Satu lagi pencakar langit akan berdiri di kota Kuala Lumpur, Malaysia. Letak gedung yang diberi nama Angkasa Raya ini tidak jauh dari menara kembar Petronas. Angkasa Raya adalah buah karya perusahaan arsitek Ole Scheeren dan berdiri dengan ketinggian 268 meter.  Pengerjaan pembangunan dikoordinasi oleh developer setempat, Sunrise Berhad. Fungsi bangunannya nanti adalah untuk tempat tinggal, kantor, dan hotel. Diperkirakan, Angkasa Raya akan mulai dikerjakan pada triwulan pertama tahun 2012.

Kutaisi Airport tower, Georgia

Gambar di atas adalah menara yang direncanakan berdiri di Kutaisi Airport, negara Georgia. Landmark ini didesain oleh UNStudio, sebuah perusahaan aristek terkemuka dari Belanda. Komposisi bangunan ini terdiri memiliki luas 4.000 m-persegi pada bagian eksterior tengah untuk menampung penumpang. Sedangkan bagian menaranya, yang berfungsi sebagai air-traffic control, memiliki ketinggian 55 meter. Meskipun dibalut dengan dinding luar yang transparan, tetapi menara ini didesain sedemikian rupa hingga dapat berubah warna. Operasi pembangunan direncanakan dimulai pada bulan september 2012.

Vertical Medina, Arab Saudi

Salah satu perusahaan arsitek raksasa yang bermarkas di Chicago, SOM, sedang mengerjakan megaproyek di Arab Saudi. Adapun landmark yang mereka bangun bernama Vertical Medina. Arsitekturnya mengadopsi bentuk kota tradisional Arab dengan jalur pejalan kaki berkelok-kelok dan halaman yang luas. Vertical Medina ini akan berfungsi sebagai permukinan, kantor dan bisnis ritel, dan direncanakan selesai dibangun pada akhir tahun 2012.

Maysan Residences, Abu Dhabi

Maysan Residences terdiri atas sepasang menara yang berdiri di distrik Al Najmat di Pulau Reem, Abu Dhabi. Bangunan ini diprediksikan akan selesai pada tahun 2013. Arsitek menara kembar Maysan adalah DWP. Maysan Residences dilengkapi oleh teknologi tenaga matahari yang dipasang pada bagian atap sedangkan bentuk menaranya didesain sedemikian rupa sehingga mengurangi intensitas panas yang masuk ke dalam gedung.

Eko Atlantic City, Lagos, Nigeria

Kawasan kota modern direncanakan dibangun di Lagos, Nigeria, untuk merespon erosi daerah pantai dan bertujuan mengurangi tekanan ledakan penduduk di kota tersebut, yang saat ini telah mencapai 15,5 juta jiwa. Eko Atlantic City Lagos diestimasikan memiliki daya tampung 250 ribu penduduk jika telah rampung dibangun. Arsitek yang mengerjakan proyek raksasa ini adalah MZ Architecs.

Renaissance Tower, Istanbul, Turki

Didesain oleh perusahaan arsitektur asal New York, FXFOWLE, Renaissance Tower menjadi markas besar perusahaan konstruksi dan pengembang di Istanbul. Menara ini berambisi mencapai target LEED Platinum, peringkat tertinggi dalam sistem rating internasional. Dengan ketinggian 185 meter, menara tersebut akan menjadi bangunan tertinggi di kota Istanbul yang berdekatan dengan wilayah Asia.

Masjid Cambridge, Inggris

Masjid Cambridge adalah salah satu rencana arsitektur yang disusun oleh Marks Barfield Architecs. Masjid ini memiliki daya tampung 1.000 jamaah dan menggunakan teknologi ramah lingkungan.  Fasilitas yang terdapat pada bagunan ini antar lain pompa pemanas, sistem pemulih panas, daur ulang air dan green roofs. Dengan 16 kolom yang dilapisi oleh bahan kayu, desain ini menggabungkan antara budaya Inggris dan tradisi dan seni Islam.

National Art Museum, Beijing, Cina

Perusahaan arsitektur UNStudio mengumumkan desainnya untuk National Art Museum of China yang dibangun di Beijing. Bangunan ini mengadopsi arsitektur bangsa Cina dan berdiri pada area seluas 99.700 meter-persegi. Fungsi NAM nantinya akan menjadi tempat pameran, penyedia fasilitas pendidikan, kantor, restoran dan pusat perbelanjaan. Struktur bangunan yang menyerupai sepasang drum merujuk pada model drum tradisional Cina yang biasanya terbuat dari batu.
Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.