Pages

8 September 2012

Kategorisasi Air Dalam Lingkungan

worldtruth.tv
Air merupakan kebutuhan mutlak bagi makhluk hidup, baik flora maupun fauna, termasuk juga manusia. Air merupakan zat cair yang tersusun oleh hidrogen dan oksigen yang membentuk senyawa H2O. Kebutuhan air bagi manusia mencapai 70% dari total bagian tubuh. Selain itu hampir semua proses biokimia yang berlangsung pada diri manusia memerlukan air sebagai medium.

Dalam kesempatan ini kita akan lebih dekat mengetahui definisi tentang sejumlah kategorisasi air.

Air Angkasa

Air angkasa ialah istilah yang digunakan untuk menyebut air hujan, salju, dan es.

Air Baku

Air baku adalah air yang berlokasi di sumber air yang kemudian diolah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Air Bawah Tanah

Air bawah tanah adalah air yang terdapat di bawah permukaan tanah. Kategori air ini dapat dikelompokkan menjadi air sumur gali, air pompa tangan, dan air tanah dalam.

Air Bersih

Air bersih adalah air yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk dapat disebut air bersih, air harus memenuhi kualitas kesehatan dan layak untuk diminum. Air bersih lazimnya dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Air Minum

Air minum adalah air yang memenuhi syarat kesehatan untuk dikonsumsi. Air minum memiliki tiga sifat dasar: tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Syarat kimia yang harus dipenuhi ialah tidak mengandung zat-zat beracun, sedangkan syarat biologisnya ialah tidak mengandung bakteri.

Air Artesis

Air artesis merupakan air yang asalnya dari tanah dan memancar dengan kuat ke permukaan tanah.

Air Limbah Domestik

Air limba domestik adalah jenis limbah cair yang berasal dari aktivitas domestik (rumah tangga). Air limbah domestik dinyatakan aman bagi lingkungan jika masih memenuhi syarat-syarat aman untuk dialirkan secara langsung ke tempat pembuangan.

Air Limbah Bukan Domestik

Air limbah bukan domestik adalah air yang karakteristiknya belum memenuhi syarat untuk dialirkan secara langsung ke tempat pembuangan di dalam lingkungan.

Air Permukaan

Air permukaan adalah air yang terhimpun ke permukaan bumi dalam bentuk sungai, telaga, waduk, danau, dan laut.

Air Sadah

Air sadah adalah air yang mengandung bahan-bahan logam terlarut yang kadarnya banyak, misalnya logam Fe, Ca, Mg, dan Na.

Air Tanah

Air tanah adalah air yang terdapat di dalam tanah.

globalhealingcenter.com

No comments:

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.