Pages

2 June 2012

Lanskap Pendidikan Tinggi Internasional

Proporsi meningkatnya permintaan akan pendidikan tinggi yang menyebabkan mobilitas mahasiswa masih belum diketahui hingga saat ini, namun gerakan program dan penyedia program lintas negara akan mengalami perkembangan secara signifikan. Saat ini kegiatan pendidikan tinggi lintas negara telah terjadi hampir di seluruh wilayah di dunia. Berdasarkan wilayah, lanskap pendidikan internasional dapat dibagi menjadi 6 (enam) wilayah, sebagai berikut:

Afrika

Afrika, dengan sebagian pengecualian Afrika Selatan, menunjukkan inisiatif internasional dan lintas negara yang paling sedikit. Universiteit Nienrode (Netherlands Business School) akhir-akhir ini mendirikan kampus perwakilan di Nigeria bekerjasama dengan African Leadership Forum, sebuah NGO yang berdiri pada tahun 1988 – salah satu inisiatif lintas negara pertama yang diadakan di benua Afrika (di luar Afrika Selatan). Kenya menjadi tempat bagi dua universitas nonprofit swasta. Aga Khan University Pakistan membuka kampus perwakilan di Kenya pada tahun 2002 dengan bidang pendidikan keperawatan, dan Alliant International University (Amerika Serikat) menyelenggarakan pendidikan ilmu sosial dan humaniora.

Jumlah program luar negeri yang ditawarkan di Afrika Selatan telah mengalami penurunan karena ketatnya regulasi dan proses akreditasi yang ditetapkan oleh pemerintah negara tersebut. Hanya sedikit institusi asing yang mendirikan kampus perwakilan di sana, misalnya Bond dan Monash dari Australia, De Montfort (Inggris), dan Netherlands Business School. Ketiga institusi asing tersebut kemudian tidak melanjutkan operasinya karena isu-isu akreditasi yang berhubungan dengan pemeriksaan ulang program-program MBA. Monash akan tetap bertahan (selama tidak menyelenggarakan program MBA), begitu pula Henley Management College (Inggris) yang menyelenggarakan pendidikan jarak jauh.

Amerika Latin

University of the Incarnate World, sebuah institusi swasta di San Antonio, Texas, membuka kampus baru di Meksiko pada tahun 2003. Endicott College, Alliant Intentional University, dan Texas A&M – yang memiliki “pusat universitas” di Mexico City – menjadi institusi lain dari Amerika Serikat yang memiliki kampus di Meksiko. Pada tahun 2000, Laureate Education membeli Universidad del Valle de Mexico; perusahaan tersebut berencana mendirikan perwakilan baru di Guadalajara. Laureate juga memiliki Universidad Interamericana, sebuah universitas swasta yang memiliki kampus di Costa Rica dan Panama, dan sebagian dari tiga universitas asing yang memiliki kampus perwakilan di Argentina. Technical Institute of Monterrey, Meksiko, dikenal dengan program pendidikan online, khususnya MBA, yang dibuka untuk banyak negara di Amerika Latin.

Inisiatif yang bermacam-macam tersebut menunjukkan bagaimana institusi pendidikan tinggi konvensional dan penyedia komersial baru mempromosikan, mengadakan pertukaran/tukar-menkar, menjalin hubungan, dan menjual pendidikan tinggi ke berbagai negara. Australia dan Amerika Serikat mendominasi daftar negara peserta, meskipun India dan Cina tidak boleh disepelekan. Namun aktivitas lintas negara juga memiliki resiko. Tantangan-tantangan yang berhubungan dengan jaminan kualitas dan pengakuan nasional dan internasional terhadap penyedia, program, kredit, dan kualifikasi harus diperhatikan secara cermat.


Amerika Utara


Kegiatan lintas negara yang dilakukan oleh Amerika Serikat melibatkan perusahaan-perusahaan publik dan swasta. Global Education Index (GEI), yang disusun oleh OBHE mengklasifikasikan banyak perusahaan besar yang aktif dan publik yang menyediakan program-program pendidikan dan pelayanan. Amerika Serikat menjadi tempat sebagian besar dari lebih dari 50 perusahaan GEI (Garrett, 2004). Perusahaan-perusahaan terkemuka yang terlibat di dalamnya antara lain Kaplan (milik Washington Post), Apollo Group, DeVry, Career Education Corporation, dan Laureate Education. Kaplan, yang menguasai saham 57 sekolah tinggi di Amerika Serikat, saat ini juga menjadi pemilik Dublin Business School – perguruan tinggi jenjang sarjana swasta terbesar di Irlandia, dan membeli banyak institusi asing. Apollo Group memiliki University of Phoenix, yang saat ini menjadi universitas swasta terbesar di Amerika Serikat, dan secara gencar memperbanyak investasi dan holdings di luar negeri. Sejak tahun 1995 Apollo juga telah memiliki Western International University (WIU), yang mendirikan kampus perwakilan bernama Modi Apollo International Institute di New Delhi melalui kerjasama dengan KK Modi Group, sebuah konglomerat industri asal India. WIU mengadakan perjanjian kerjasama dengan Canadian Institute of Business and Technology (CIBT) dengan memperbolehkan CIBT untuk menawarkan program-program WIU mellaui tiga sekolah bisnis yang dimilikinya di Beijing.

Asia Pasifik

Vietnam menjadi negara yang baru saja memulai pembangunan pendidikan tinggi. RMIT dari Australia memiliki 100% saham kampus perwakilan di negara tersebut, sedangkan Troy State University, Amerika Serikat, mendirikan perwakilan luar negeri, International Colelge of IT and Management. Jumlah kerjasama aktif antara institusi lokal dan luar negeri semakin berkembang. Sebagai contoh, University of Hue Vietnam saat ini telah mengembangkan sebuah kerjasama dan franchising program sarjana bidang pariwisata dengan University of Hawaii. Hanoi University of Technology menawarkan gelar master dan sarjana dengan institusi-institusi pendidikan tinggi dari Belgia (1), Prancis (8), Jerman (1), Singapura (2) dan Amerika Serikat (1). Pemerintah Vietnam mengumumkan pembangunan International University di Vietnam – satu lagi inisiatif untuk meningkatkan kapasitas pendidikan tinggi negara tersebut. Separuh dari staf pengajar adalah orang Vietnam asli, dan separuh yang lain berasal dari universitas luar negeri. Keterlibatan institusi luar negeri akan membangun dan mengembangkan jaringan dengan Ho Chi Minh City National University.

Australia, Cina, Mesir, dan Amerika Serikat semakin menggalakkan kerjasama pendidikan antarnegara dengan Thailand. Al-Azhar University Mesir dan Jinan University Cina berencana membuka kampus perwakilan di Thailand, sedangkan Swinburne University of Technology (Australia) telah beroperasi di negara tersebut sejak tahun 1998, meskipun harus mengubah fokusnya menjadi pelatihan industri saja. Troy State University memiliki area pengajaran di kota Bangkok untuk program MBA; mahasiswa dapat melakukan transfer ke Amerika Serikat bergantung dana dan visa. Thai-German Graduate School of Engineering, 13 universitas dari Australia, dan sembilan universitas dari Inggris juga telah beroperasi di Thailand.

Eropa

Reformasi besar-besaran negara Rusia membawa dampak besar bagi sektor pendidikan tinggi negara tersebut. Banyak institusi pendidikan tinggi, misalnya, Moscow International Slavonic Institute dan Moscow State University of Industry – menyelenggarakan program pendidikan di luar negeri, seperti di Bulgaria. Namun Rusia juga membuka diri bagi program joint degree dan double degree, twinning, dan franchise. London School of Economics, Stockholm School of Economic membuka cabang di St. Petersburg (Leningrad), dan University of Oslo’s Centre for Medical Studies mendirikan kampus perwakilan di kota Moskow. British Open University memiliki 80 pusat pelatihan bisnis di seluruh negara tersebut. University of Southern Queensland bekerjasama dengan Far Eastern National University in Vladivostok untuk perkuliahan internasional. International Institute of Information Technology, Puna, India, merencanakan untuk membuka program PhD bersama dalam Russian-Indian Centre for Advanced Computer Research in Moscow.

Laureate Education (dahulunya Sylvan), sebuah perusahaan swasta menjadi pemilik sebagian atau keseluruhan dari Universidad Europa de Madrid di Spanyol, Les Roches dan Glion Hotel School di Swiss, dan L’ecole Superiur du Commerce Exteriur de Paris di Prancis. Apollo International menawarkan kuliah di Belanda, dan Raffles La Salle (Singapura) baru-baru ini menandatangani perjanjian kerjasama dengan Middlesex University untuk membuka perwakilan program sarjana dan master fesyen dan desain.

Sumber bacaan:

Altbach, P. G., & J. Knight. 2007. Internationalization in Higher Education: Motivation and Realities.

No comments:

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.