Pages

2 May 2012

Fasilitas Transportasi di Kota Wuhan

Menyambung tulisan yang sebelumnya tentang profil kota Wuhan, ibukota Provinsi Hubei, Republik Rakyat Cina, yang akan menjadi tuan rumah Putaran Final Piala Thomas & Uber 2012, pada kesempatan ini kita akan belajar lebih banyak mengenai fasilitas transportasi yang tersedia di Wuhan.

Transportasi Udara

Transportasi melalui udara di Wuhan telah mendapatkan status internasional sebagai pelengkap bagi penerbangan domestik. Di kota ini terdapat lebih dari 150 jalur penerbangan internasional dan domestik yang menghubungkan sekitar 60 tempat baik di dalam maupun di luar negeri Cina. Saat ini Wuhan memiliki 5 (lima) jalur penerbangan langsung internasional ke jurusan Osaka dan Fukuoka (Jepang), Seoul (Korea, Republik), Bangkok (Thailand), dan Singapura (Singapura). Sedangkan jalur tidak langsung internasional adalah jurusan Paris (Prancis) melalui kota Guangzhou, yang disponsori oleh China Southern Airlines.

Untuk mendukung perjalanan udara ini, di kota Wuhan juga tersedia bus bandara yang mengantarkan para calon penumpang pesawat menuju Tianhe Airport. Transportasi bus terbagi menjadi 3 (tiga) jalur dengan tempat pemberhentian atau terminal: Fujiapo Bus Station, Xinhualu Bus Station, dan Luxiang.

Transportasi Darat, Kereta Api

Sebagai penghubung transportasi di wilayah Cina Tengah, Wuhan memperlengkapi diri dengan tiga stasiun induk kereta api, yaitu Jingguang (Beijing-Guangzhou), Handan (Hankou-anjiangkou-Chongqing-Chengdu), dan Wujan (Wuchang-Jiujiang-Shanghai).

Perjalanan dengan kereta api dapat membawa penumpang menuju sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) kota besar Cina, antara lain Beijing, Zhengzhou, Tianjin, Luoyang, Chonqing, Xian, Guangzhou dan Nanchang. Kereta api dari Wuhan menuju kota-kota lain di Provinsi Hubei tersedia tiap hari. Tersedianya kereta api jalur cepat (dengan kecepatan 350 km per jam) mempersingkat waktu perjalanan dari semula 11 jam menjadi 3 jam saja.

Transportasi Darat, Bus Antarkota Antarprovinsi

Wuhan memiliki jalur bus cepat jarak jauh ke hampir seluruh kota besar dan provinsi di Cina Tengah dan Selatan. Terminal-terminal utama untuk perjalanan darat dengan bus adalah Fu Jia Po (di Wuchang) dan Jin Jia Dun (di dekat Hankou Railway Station). Fu Jia Po digunakan untuk jalur menuju Shanghai, Jiangsu, Anhui, Shandong, Guanxi, Shaanxi, Jianxi, Hunan, Hubei, Henan dan Zhejiang. SEdangkan Jin Jia Du untuk jalur menuju Hubei, Jianxi, Guangdong, Zhejiang, dan Jiangsu.

Transportasi Air

Unsur utama transportasi air kota Wuhan tentu saja adalah Sungai Yangtze. Kapal ferry yang melintasi sungai ini memiliki jalur edar ke Chonqing, Shanghai, dan kota-kota lain di sepanjang tepi sungai. Dermaga sungai terletak di tepi sebelah barat Sungai Yangtze, pada ujung sebelah kanan Jianhan Road.

Informasi lebih lengkap mengenai transportasi di kota Wuhan dapat anda peroleh dari website Travel China Guide

No comments:

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.