Pages

24 October 2011

Tuan Rumah Universiade 2017? Mampukah?

Indonesia berencana untuk mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah multievent olahraga tingkat perguruan tinggi se-dunia, atau kita kenal sebagai Universiade, pada tahun 2017. Multievent ini adalah olimpiade khusus untuk atlet yang berstatus mahasiswa.

Dibandingkan dengan reputasi olimpiade, universiade memang kalah, namun multievent ini tidak menutup kemungkinan tampilnya atlet-atlet tingkat dunia yang namanya sering kita dengar.

Kembali ke pencalonan Indonesia, secara hakikat kita perlu mendukung guna meningkatkan reputasi dan citra olahraga nasional di panggung internasional. Akan tetapi, dengan sisa waktu enam tahun ini KONI dan Kemenpora, bekerjasama dengan Dikti, mungkin, harus bekerja keras untuk mempersiapkan segalanya, baik secara teknis penyelenggaraan, maupun secara non-teknis faktor-faktor di luar olahraga yang ikut mempengaruhi kelancaran penyelenggaraan. Kondisi negara Indonesia akhir-akhir ini sarat dengan kerawanan politik, sosial, dan ekonomi. Akankah masuk akal ide pencalonan sebagai tuan rumah universiade 2017? Segalanya kembali kepada niat segenap insan olahraga nasional, yang, mau tidak mau, akan mendapatkan pengaruh yang signifikan dari faktor-faktor eksternal.

Negara Indonesia memerlukan sebuah "terapi kejut" untuk mendongkrak citra bangsa yang dalam tahun-tahun terakhir terganggu dan terusik oleh banyak masalah yang mengganggu stabilitas nasional. Pada satu sisi, sanggahan dapat diberikan kepada ide pencalonan tuan rumah universiade, seperti yang pernah ditempuh oleh PSSI yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Namun, pada sisi lain ada secercah harapan "entah di luar sana" bahwa rencana seperti ini patut pula didukung.

Semoga keadaan bangsa kita menjadi lebih baik dalam 5-6 tahun mendatang sehingga acara tingkat internasional apapun, baik dalam bidang olahraga maupun bidang lainnya, terselenggara dengan aman, tentram, dan lancar di negara kita. Potensi kita sangat melimpah dan sangat disayangkan apabila kita sia-siakan begitu saja.
Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.