Pages

6 August 2011

Masa Depan Sepakbola Putri Indonesia

Rasa penasaran menyaksikan keberhasilan tim sepakbola putri Jepang menjadi Juara Dunia 2011. Padahal 34 tahun yang lalu, tepatnya dalam Piala Asia 1977, tanggal 5 Agustus, putri Jepang takluk di tangan putri Indonesia dalam penyisihan Grup A dan modal kemenangan tersebut mengantarkan Indonesia maju ke babak semifinal.

Dalam perkembangannya kemudian, tiga dekade berlalu Jepang melesat bagaikan meteor sedangkan Indonesia menurut catatan FIFA tidak memiliki tim sepakbola putri secara reguler. Terilhami oleh sukses Jepang ini, maka baru-baru ini saya semakin bersemangat untuk mencari informasi tentang sepakbola putri. Akhirnya saya menemukan sesuatu yang menarik, yang barangkali berguna. Temuan itu adalah potensi sepakbola putri Indonesia untuk tim masa depan. Namun sayangnya, seperti halnya 'tren' yang sedang marak akhir-akhir ini, arahannya menuju ke 'naturalisasi'. Dari hasil 'berburu' ternyata banyak pesepakbola putri keturunan Indonesia yang sekarang berada di luar negeri, sebagian besar di Belanda.

Mendapati fakta menarik tersebut, kemudian didukung oleh keadaan di lapangan bahwa Indonesia belum memiliki sebuah tim sepakbola putri yang tangguh, mungkin PSSI dapat mengambil inisiatif untuk menggali potensi-potensi tersebut guna membangun tim yang lebih solid. Meskipun tersungging sedikit senyum 'kecut' karena sebuah ironi bahwa Indonesia, yang memiliki penduduk dengan jumlah yang sangat banyak dengan komposisi penduduk perempuan mencapai sekitar 80 juta, kita masih harus melakukan naturalisasi, hihi.

Berikut daftar pesepakbola putri keturunan Indonesia yang bermukim di luar negeri, sebagian besar di Belanda, kecuali Riana Nainggolan yang bermain di Belgia, dan klub tempat mereka bermain.

Vanity (voetbalcentraal.nl)

Amanda (freewebs.com)
Riana Nainggolan (GBA-Kontich FC, Belgia)
Serena Suitela (DTS Ede)
Samira Caspari (HVV Hollandia)
Cheyenne Maulany (HZVV)
Larentia Anakotta (VV Hoogeveen)
Orpa Hitijahubessy (FC Dauwendaele)
Amanda Sonoto (SV Voorwaarts Twello)
Jennifer Ramjiawan (VV Benschop)
Vanity Lewerissa (VVV Venlo)
Sanne Tamaela (WSV '30)
Evita Papilaja (LRC Leerdam)
Laura Pattinama (Ido's FC)
Riana (damesvoetbalkontich.be)
M. Sopacuaperu (SV Lelystad '67)
Saffira Salakory (SV Spero)

Sebagai informasi, skuad tim nasional putri sepakbola Indonesia yang terakhir tampil pada Piala AFF 2008, adalah sebagai berikut:

Penjaga gawang: Efie Iswandari, Dorthea Kristina Rollo
Belakang: Alih Apriana, Ira Marlianti Arum, Doris, Maesaroh, Ludia Ohee, Konstantina Deda, Ninsi Rosita Pawika
Tengah: Maulina Novryliani, Tugiyati Cindy, Rosmita, Yudith Sada, Astri Marice Ohee
Depan: Sarce Buaim, Henny Yigibalom, Nonce Yigibalom, Regina Wonda.

Bacaan terkait lain: Sepakbola Putri Indonesia di Piala Asia

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.