Pages

7 February 2011

Tribute untuk Gary Moore

Panggung rock dunia kehilangan salah seorang musisi legendarisnya, yang anda kenal dengan lagu Still got the Blues. Ya, Robert William Gary Moore, atau yang kita kenal sebagai Gary Moore, tutup usia pada tanggal 6 Pebruari 2011. Moore. musisi multitalenta (dapat bermain lead guitar, bass, harmonika, dan tentunya menyanyi), yang lahir di kota Belfast Irlandia Utara 4 April 1952 meninggal dunia di Estepona Spanyol dalam usia 58 tahun. Selain menjadi musisi panggung dan rekaman, Gary Moore juga seorang produser dan penulis lagu. Lengkap sekali reputasi rocker kawakan ini.
Lahir dan tumbuh di daerah Belfast, tepatnya di Upper Newtownroads, ia telah memiliki bakat bermain musik. Pertama kali ia memainkan gitar akustik pada usia 8 tahun. Sebenarnya aslinya dia adalah seorang kidal, namun kemudian belajar untuk menggunakan tangan kanan. Aliran musik Gary Moore dipengaruhi oleh Elvis Preseley, The Beatles, Jimi Hendrix. Referensi dari musisi-musisi pendahulunya ini mengilhami Moore untuk membuat varian musik sendiri dalam gaya blues-rock. 

 Moore memang bukan musisi kacangan. Selain reputasinya yang mentereng sebagai rocker solo, ia telah malang melintang di jagad musik Rock dunia bersama nama-nama beken seperti BB King, Albert King, Colosseum II, Greg Lake dan Skid Row (berbeda dari band bernama sama yang vokalisnya Sebastian Bach). Era berikutnya ia sempat pula berkolaborasi dengan the Beach Boys, Ozzy osbourne, dan George Harrison. Buah dari kolaborasi ini ialah eksperimen musik rock, jazz, blues, country, electric blues, hard rock, dan heavy metal.

Para penggemar rock pasti sangat kehilangan Gary Moore. Ia mengembuskan nafas terakhir pada saat menjalani liburan di Hotel Kempinski, Spanyol hari Ahad lalu.

Selamat jalan, Legend, doa kami para pencinta rock dan blues senantiasa bersamamu... 

We still got the blues for you...

Diskografi Album Studio
Grinding Stone (1973), Back on the Street (1979), G-Force (1980), Gary Moore (1982), Corridors of Power (1982), Victims of the Future (1984), Dirty Fingers (1984), Run for Cover (1985), Wild Frontier (1987), After the War (1989), Still Got the Blues (1990), After Hours (1992), Blues to Greeny (1995), Dark Days in Paradise (1997), A Different Beat (2001), Power of the Blues (2004), Old New Ballads Blues (2006), Close As You Get (2007), dan Bad for You Baby (2008).
Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.