Pages

22 January 2011

Mengenal Kucing

Si Kerney (alias Manuwel Neuwer)
Selayang pandang

Kucing adalah jenis hewan pemakan daging (karnivora). Kucing di sini bukan sekedar hewan piaraan yang "lulut" (jinak), melainkan termasuk di dalamnya yalah singa, harimau, dan sejenisnya.

Awal kisah asmara yang begitu mesra antara kucing dan manusia telah terjadi sebelum kisah Romeo-Juliet ada, yakni sejak tahun 6.000 Sebelum Masehi. Hal ini setidaknya ditandai oleh penemuan kerangka kucing di Pulau Siprus. Pada tahun 3.500 SM bangsa Mesir Kuno menggunakan kucing sebagai pengusir tikus (halah, berarti ora kacek karo ning Candiroto ya...). Fungsinya yalah sebagai Satpol PP lumbung hasil panen. Pada yaman moderen sekarang ini, kucing adalah salah satu hewan piaraan terpopuler di dunia.

Kucing jinak yang dipelihara merupakan salah satu predator terhebat di dunia. Kucing dapat membunuh atau memakan beribu spesies. Sementara itu kucing besar memakan tidak lebih dari 100 spesies. Karena ukurannya kecil, kucing rumahan relatif tidak berbahaya bagi manusia (biarpun tangan kiri saya codet seumur hidup gara-gara rebutan kerupuk sama kucing saya dulu...).

Ras Kucing

Kucing di seluruh dunia memiliki ras yang banyak sekali. Setiap ras memiliki ciri khusus, namun karena adanya kawin silang, maka banyak kucing yang dikelompokkan berdasarkan panjang bulu dan jenis rambut. Berikut ini pengelompokkannya:

Ras Manx : Dinamakan pula Rumpy. Ekornya pendek, warna bulu cokelat dan lavender, sifatnya setia, ramah dan pintar.
wikimedia.org
Ras Maine Coon : Berasal dari Maine (USA), keturunan Anggora dan American Shorthair. Memiliki sifat lucu, pemalu tapi mau, dan mudah akrab (kalo manusia, "orangnya asik lah pokoknya), berbulu tipis, lembut, warna bermacam-macam.
Ras British Shorthair : Berkembangbiak di Inggris. Sifatnya kalem, lembut, hangat, dan pintar. Memiliki warna bulu yang polos (putih, hitam, biru, merah, dan krem).
Ras Burmese (Burma) : Pertama-tama dibiakkan oleh Dr. Thompson dari AS, hasil persilangan kucing Ratu Wong Mau (Burma) dan Kucing Siam. Warna bulunya cokelat terang, ada pula yang biru, merah, cokelat tua dan biru kura-kura (iki werno opo neh ya? kok aneh-aneh...berarti ono warna biru kegayus-gayusan mungkin ya...wakakak). Sifatnya periang dan lucu.
Ras Chinchilla longhair : Kucing Persia yang dikagumi banyak orang. Berasal dari Inggris (kucing Persia kok dari Inggris ya?). Terdiri atas Chinchilla warna cerah dan warna gelap (nggak pake metalik lho...haha).

Curriculum Vitae Kucing

wikimedia.org
Status Konservasi : dijinakkan
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Class : Mamalia
Ordo : Carnivore
Genus : Felis
Spesies: Felis silvestris
Upaspesies: catus
Nama Binomial: Felis silvestris catus, Linnaeus (1758)

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.