Pages

22 July 2011

Pengentasan Kemiskinan: Lingkup Permasalahan dan Pemecahannya

Ukuran dan pelaporan kinerja sekarang ini dianggap sebagai komponen yang penting bagi akuntabilitas sektor swasta, nirlaba, maupun publik, baik di negara Kanada maupun di negara lain (Office of the Auditor General of Canada 2003; International Institute for Sustainable Development 2005; Overseas Development Institute 2006; Treasury Board of Canada 1998, 2000, 2001, 2002). Dalam prakteknya, perusahaan sektor swasta, nirlaba, dan publik semakin mendapatkan tekanan untuk mengukur kemajuan atas hasil, memiliki fleksibilitas untuk menjalankan operasi-operasi yang tepat untuk memenuhi harapan, dan melaporkan keluaran (outcomes) yang telah dicapai.

Laporan penelitian ini bermaksud untuk mengidentifikasi best practices yang nyata dan mengusulkan beberapa indikator yang dinilai berguna untuk mengukur hasil dan pengaruh inkremental yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki ukuran, akuntabilitas dan pemahaman terkait dengan isu-isu pembangunan manusia. Langkah lanjutan ini penting sekali jika kekuatan dan sumber daya yang dimiliki oleh stakeholder hendak diarahkan untuk membantu untuk mengentaskan kemiskinan, dan sebuah model dengan indikator diperkenalkan untuk membantu di dalam proses ini.

Dibandingkan dengan perusahaan swasta atau nirlaba, perusahaan sektor publik lebih enggan untuk meningkatkan daya saing maupun memperbaiki pertumbuhan – institusi publik lebih bertujuan memberikan kualitas pelayanan tertinggi kepada publik dan untuk mengatur serta melaporkan hasil serta kinerja yang dicapai. Satu elemen yang signifikan dari reformasi sektor publik adalah perubahan menuju suatu pendekatan yang memberikan perhatian yang lebih besar kepada hasil yang dicapai dengan dolar wajib pajak; baik sektor swasta maupun nirlaba sama-sama menghadapi tekanan yang semakin bertambah dari stakeholder (bisnis, civil society, pemerintah, dan tenaga kerja) untuk menunjukkan hasil, khususnya dalam bidang kontribusi mereka bagi pengembangan manusia dan pengurangan kemiskinan.

Bukti terpercaya mengenai pengaruh kebijakan dan program terhadap berkurangnya angka kemiskinan dan isu-isu sosial lainnya bergantung pada tingkat pemahaman tentang perbedaan antara input, output, keluaran dan indikator. Agar dapat dipercaya oleh publik, pelaporan kinerja tentang isu-isu seperti ini perlu fokus secara lebih selektif pada pengidentifikasian ukuran-ukuran kunci kinerja dan pelibatan konstituen-konstituen kunci.

Meskipun telah banyak sekali literatur tentang pengaruh dan hasil program dan kebijakan (contoh: Behn 2003; Edwards et al. 2006; Malina dan Selto 2004; Martinez 2005; Moullin 2005; Neely 2005; Royal Statistical Society 2003); banyak pembuat kebijakan, pelaksana evaluasi program, dan stakeholder telah begitu familiar dengan literatur ini, dan siapapun yang memahai metode-metode yang tepat yang dapat digunakan untuk melakukan estimasi dan menilai pengaruh dan hasil tidaklah optimal (Marshall et al. 2004; Neely 2005; Thomas 2004). Terdapat banyak keuntungan yang dapat diperoleh pelaksana evaluasi program jika memahami literatur kajian hasil dan pengaruh. Sebagai contoh, jika stakeholder terus menyertakan ukuran-ukuran kinerja yang lebih tepat untuk membantu pelaporan akuntabilitas dan kinerja, dan pelaku evaluasi program memasukkan prinsip-prinsip dari penilaian pengaruh dan hasil di dalam evaluasi formatif maupun sumatif, maka perusahaan akan semakin kuat untuk melakukan pendekatan terhadap akuntabilitas dan ukuran kinerja pada tingkat yang strategis. Selain itu, perubahan-perubahan ini akan merespon perubahan pola pikir publik terkait dengan akuntabilitas kinerja, pada saat memberikan informasi yang lebih lengkap dan kesempatan yang lebih luas kepada manajemen perusahaan agar menciptakan pilihan-pilihan yang lebih efektif di dalam investasi program.

Sumber:
Dwyer, Rocky J. 2004. "Alleviating poverty: how do we know the scope of the problem and when we have solved it?". Saint Paul University, Canada.

Download naskah lengkapnya di SINI

No comments:

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.