Pages

15 December 2010

2010 AFF Suzuki Cup - Matchday 4 (1st leg semifinals)

MALAYSIA

Bukit Jalil National Stadium, Kuala Lumpur
15 December 2010

MALAYSIA v VIETNAM 2-0 (0-0)
Goals: M. Mohd Sahli (61') (80')

Lineups (substitutions):

MALAYSIA (22) K. Che Mat, (4) M. Putra Omar, (18) M. Jasuli/(2) S. Mat Abu, (24) M. Ahmad, (27)M. Mohd Shas, (9) N. Talaha/(17) A. Yahyah, (21) M. Zainal, (12) A. Rohidan, (8) M. Rahim, (16) K. Subramaniam/(14) M. Zambri, (10) M. Mohd Sali.

VIETNAM (25) Tan Truong Bui, (7) Nhu Thanh Vu, (3) Huy Hoang Nguyen, (4) Phuoc Tu Le, (6) Dinh Dong Tran, (14) Le Tan Tai/(8) Nguyen Viet Thang, (12) Minh Phung Nguyen, (17) Vu Phong Nguyen, (19) Thanh Luong Pham/(130 Nguyen Quang Hai, (30) Anh Duc Nguyen, (5) Phan Thanh Hung/(5) Nguyen Minh Chau.

JAKARTA 

Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan
16 December 2010

PHILIPPINES v INDONESIA 0-1 (0-1)

Goal: Cristian Gonzales (31')
Yellow cards: A. Borromeo, J. Younghusband, Octo Maniani, C. Gonzales

Lineups (substitutions)

PHILIPPINES (1) Neil Etheridge, (2) Rob Gier, (11) Alexander Borromeo, (4) Anton Quimson Del Rosario, (27) Ray Jonsson, (7) James Younghusband, (17) Jason de Jong, (18) Chris Greatwich, (6) Roel Gener, (23) Ian Bayone Araneta/(13) Emilio Calidgong, (10) Phillip Younghusband.

INDONESIA (1) Markus Horison, (23) Hamka Hamzah, (5) Maman Abdulrahman, (3) Zulkifli Syukur, (22) M. Ridwan, (2) M. Nasuha/(7) Beny Wahyudi, (15) Firman Utina, (10) Octovianus Maniani/(14) Arif Suyono, (19) Ahmad Bustomi, (17) Irfan Bachdim/(20) Bambang Pamungkas, (9) Cristian Alfaro Gonzales 

Mengukur Kebersihan Gigi

Mengukur kebersihan gigi dan mulut merupakan upaya untuk menentukan keadaan kebersihan gigi dan mulut seseorang.

Pada umumnya untuk mengukur kebersihan gigi dan mulut digunakan suatu Indeks. Indeks adalah suatu angka yang menunjukkan keadaan klinis yang didapat pada waktu dilakukan pemeriksaan, dengan cara mengukur luas dari permukaan gigi yang ditutupi oleh plak maupun kalkulus, dengan demikian angka yang diperoleh berdasarkan penilaian yang obyektif. Apabila kita sudah mengetahui nilai atau angka kebersihan gigi dan mulut dari seorang pasien kita dapat memberikan pendidikan dan penyuluhan, motivasi dan evaluasi yaitu dengan melihat kemajuan ataupun kemunduran kebersihan gigi dan mulut seseorang atau sekelompok orang, ataupun kita dapat melihat perbedaan keadaan klinis seseorang atau sekelompok orang.

Kita dapat membedakan penilaian apabila penilaian yang dilakukan oleh pemeriksa seragam. Oleh karena itu pada saat pengukuran diperlukan sekali ketelitian dan keseragaman penilaian diantara pemeriksa sehingga diperoleh nilai yang akurat dan seragam dari setiap pemeriksa. Untuk mendapatkan nilai yang akurat tentunya diantara pemeriksa harus mempunyai pandangan yang sama dalam penilaian, oleh karena itu perlu sekali dilakukan kalibrasi terlebih dahulu.

Pengukuran Kebersihan Gigi dan Mulut menurut Greene dan Vermillion

Untuk mengukur kebersihan gigi dan mulut, Greene dan Vermillion menggunakan indeks yang dikenal dengan Oral Hygiene Index (OHI) dan Simplified Oral Hygiene Index (OHI-S). Pada awalnya indeks ini digunakan untuk menilai penyakit peradangan gusi dan penyakit periodontal, akan tetapi data dari data yang diperoleh ternyata kurang berarti atau bermakna. Oleh karena itu hanya digunakan untuk mengukur tingkat kebersihan gigi dan mulut dan menilai efektivitas dari penyikatan gigi.

Oral Hygiene Index (OHI)

OHI terdiri dari komponen Debris Index dan Calculus Index, dengan demikian OHI merupakan hasil penjumlahan dari Debris Index dan Calculus Index, dimana setiap indeks menggunakan skala nilai 0-3.

Pada penilaian ini semua gigi diperiksa baik gigi-gigi pada rahang atas maupun rahang bawah. Setiap rahang dibagi menjadi tiga segmen, yaitu: (1) segmen pertama, mulai dari distal kaninus sampai molar ketiga kanan rahang atas; (2) segmen kedua, diantara kaninus kanan dan kiri; dan (3) segmen ketiga, mulai dari mesial kaninus sampai molar ketiga kiri. Setelah semua gigi diperiksa, pilih gigi yang paling kotor dari setiap segmen.

OHI-S (Oral Hygiene Index Simplified)

Untuk mengukur kebersihan gigi dan mulut seseorang, Greene dan Vermillion memilih enam permukaan gigi indeks tertentu yang cukup dapat mewakili segmen depan maupun belakang dari seluruh pemeriksaan gigi yang ada dalam rongga-rongga mulut. Gigi-gigi yang dipilih sebagai gigi indeks beserta permukaan indeks yang dianggap mewajili tiap segmen ialah:

Gigi 16 pada permukaan bukal
Gigi 11 pada permukaan labial
Gigi 26 pada permukaan bukal
Gigi 36 pada permukaan lingual
Gigi 31 pada permukaan labial
Gigi 46 pada permukaan lingual

Permukaan yang diperiksa adalah permukaan gigi yang jelas terlihat dalam mulut, yaitu permukaan klinis, bukan permukaan anatomis.
Apabila gigi indeks pada suatu segmen tidak ada, maka dilakukan penggantian gigi tersebut dengan ketentuan sebagai berikut:
-Apabila gigi molar pertama tidak ada maka penilaian dilakukan pada gigi molar kedua, apabila gigi molar pertama dan kedua tidak ada maka penilaian dilakukan pada gigi molar ketiga akan tetapi bila gigi molar pertama, kedua dan ketiga tidak ada, maka tidak ada penilaian untuk segmen tersebut.
-Apabila gigi incisivus pertama kanan atas tidak ada, maka dapat diganti oleh gigi incisivus kiri dan apabila gigi incisivus kiri bawah tidak ada, dapat diganti dengan gigi incisivus pertama kanan bawah, akan tetapi bila gigi incisivus pertama kiri atau kanan tidak ada, maka tidak ada penilaian untuk segmen tersebut.
-Gigi indeks dianggap tidak ada pada keadaan-keadaan seperti: gigi hilang karena dicabut, gigi yang merupakan sisi akar, gigi yang merupakan mahkota jaket baik yang terbuat dari akrilik maupun logam, mahkota gigi sudah hilang atau rusak lebih dari ½ bagiannya pada permukaan indeks akibat karies maupun fraktur, gigi yang erupsinya belum mencapai ½ tinggi mahkota klinis.
-Penilaian dapat dilakukan apabila minimal ada dua gigi indeks yang dapat diperiksa.
Untuk mempermudah penilaian, sebelum melakukan penilaian debris, kita dapat membagi permukaan gigi yang akan dinilai dengan garis khayal menjadi 3 (tiga) bagian sama besar/luasnya secara horisontal.
Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.