Pages

5 November 2010

Al-Qur'an dan Fungsi Manajemen

Manajemen merupakan pengendalian dan pemanfaatan dari semua faktor dan sumber daya yang, menurut suatu perencanaan, diperlukan untuk mencapai atau menyelesaikan suatu tujuan kerja tertentu. Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha para anggota organisasi, dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Manajemen memiliki sejumlah fungsi yakni perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengawasan (controlling), pelaksanaan kerja (implementing), dan kepemimpinan (leadership).

Perencanaan menurut Al-Qur'an

Al-Qur'an mengatur perencanaan sebagai berikut:

Hai orang-orang yang beriman, beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuat untuk hari esok (QS. Al-Hasyar: 18)

Maksud dari "hari esok" ialah akhirat, namun dapat pula berarti hari-hari mendatang yang sebenarnya. Bagaimanapun mempersiapkan segala sesuatu untuk hari (waktu) yang akan datang dapat kita sebut sebagai perencanaan.

Pengawasan Menurut Al-Qur'an

Dalam Al-Qur'an pengawasan bersifat transedental, yang lahir dari inner discipline (tertib dari dalam). Itulah sebabnya pada zaman Islam pertama motivasi kerja manusia yang dituju Allah, kendatipun dalam hal-hal keduniawian yang saat ini dinilai cenderung sekuler sekalipun. Setelah keberadaan agama yang akali ini optimal maka barulah dengan sempurna kita yakini bahwa seluruh pelaksanaan pekerjaan diawasi oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Pelaksanaan Kerja menurut Al-Qur'an

Pelaksanaan kerja sudah barang tentu merupakan hal yang paling penting dalam fungsi manajemen karena merupakan pengupayaan berbagai jenis tindakan itu sendiri. Perlu diingatkan bahwa seluruh pekerjaan, dalam Islam, diawali dengan menyebut nama Allah (bismillah) dan diniatkan karena Allah (motivasi kerja harus tertuju pada Allah).

Kepemimpinan menurut Al-Qur'an

Kepemimpinan yang dikehendaki Islam harus sesuai dengan Al-Qur'an dan Al-Hadis dan memenuhi syarat-syarat (a) Islam, (b) adil, (c) jujur, dan (d) ditaati.

Koordinasi menurut Al-Qur'an

Koordinasi merupakan kewajiban yang penting untuk menghubungkan berbagai kegiatan pekerjaan. Koordinasi adalah susunan yang teratur dari usaha kelompok untuk menciptakan kesatuan tindakan dalam mengejar tujuan bersama. Al-Qur'an mengatur kepemimpinan dan koordinasi sebagai berikut:

...kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur'an) dan kepada Rasul (Al-Hadis), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hati kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Sumber: Tugas Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang, 2008.
Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.