Pages

25 September 2010

Istilah-istilah dalam penelitian ilmiah

Teori   
Informasi ilmiah yang abstrak sifatnya dan belum tentu dapat langsung digunakan dalam penelitian yang ingin dilakukan oleh seorang peneliti melalui deduksi logika teori yang abstrak tadi diterjemahkan menjadi hipotesa yakni informasi ilmiah yang lebih spesifik dan lebih sesuai dengan tujuan penelitian.
Konsep           
Istilah dan definisi yang digunakan untuk menggambarkan secara abstrak kejadian keadaan kelompok/individu yang menjadi pusat perhatian ilmu sosial.
Konstruk           
Konsep dengan tingkat abstraksi yang lebih tinggi dari kejadian-kejadian obyek / individu tertentu.
Fenomena           
Hal-hal yang dapat disaksikan dengan panca indra dan dapat diterangkan serta dinilai secara ilmiah.
Deduksi               
Proses pengambilan keputusan berdasarkan hasil analisis dari data.
Induksi       
Pengambilan keputusan dengan menggunakan data tanpa menggunakan hipotesis.
Pendekatan kuantitatif
Lebih menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metoda statistika.
Pendekatan kualitatif
Prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari pihak yang mempunyai hubungan dengan masalah yang diramal.
Data kualitatif   
Data yang dinyatakan dalam bentuk kalimat/tulisan. Data yang pada umumnya sukar diukur/menunjukkan kualitas tertentu untuk kepentingan penyusunan instrumen penelitian biasanya data kualitatif disusun dalam skala tertentu.
Data kuantitatif
Data yang bersifat angka. Data terukur, biasanya dapat dinyatakan dalam satuan tertentu penting buat pengelolaan statistik, penyusunan tabel, dsb, persyaratan yang harus dipenuhi agar data kuantitatif bernilai untuk pengelolaan dapat dipelajari dalam ilmu statistik.
Penelitian deskriptif
Penelitian yang bertujuan untuk membuat deskriptif gambaran/lukisan ecara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Penelitian yang lebih mengarah pada pengungkapan suatu masalah/keadaan sebagaimana adanya dan mengungkapkan fakta-fakta yang ada, walaupun kadang-kadang diberikan interpretasi/analisis.
Sampel       
Bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki untuk populasi tersebut.
Responden       
Dari kata asal ‘respon’ (penanggap) yaitu orang yang menanggapi. Dalam penelitian responden adalah orang yang dimintamemberikan keterangan tentang sesuatu fakta/pendapat. Keterangan tersebut dapat disampaikan dalam bentuk tulisan, yaitu ketika mengisi angket/lisan ketika menjawab wawancara.
Informan       
Orang yang memberikan informasi dengan pengertian ini maka informan dapat dikatakan sama dengan responden apabila pemberian keterangannya karena dipancing oleh pihak peneliti. Istilah-istilah informan ini banyak digunakan dalam penelitian kualitatif.
Key person   
Orang-orang yang mempunyai inferensi dan audience yaitu orang-orang atau lembaga yang dapat menggunakan hasil-hasil penelitian.
Snowball sampling       
Teknik penentuan sampel yang mula-mula jumlahnya kecil kemudian membesar. Metode atau cara untuk mengambil sampel, yakni dengan bertanya kepada jumlah kecil orang/kelompok individu berdasarkan pertanyaan yang telah disiapkan. Kemudian individu/kelompok tersebut diminta untuk menunjuk individu/kelompok lain yang bisa ditanya dengan pertanyaan yang sama. Demikian seterusnya sampai diperoleh sampel yang makin lama makin besar.
Purposive sampling
Teknik sampling dengan pertimbangan tertentu.
Sumber data primer
Data yang diperoleh langsung dari responden/obyek yang diteliti, ada hubungannya dengan yang diteliti.
Sumber data sekunder
Data yang telah lebih dulu dikumpulkan dan dilaporkan oleh orang/instansi diluar dari peneliti sendiri walaupun yang dikumpulkan itu sesungguhnya adalah data yang asli. Data primer yang telah diolah lebih lanjut misalnya dalam bentuk tabel, grafik, diagram, gambar, dsb, sehingga lebih informatif untuk digunakan pihak lain.
Analisi data   
Menentukan arti yang sebenarnya dan signifikan dari data yang telah diorganisasikan dalam satu pola yang logis. Proses yang berisi usaha secara formal untuk menemukan tema-tema, merumuskan hipotesis kerja (ide) seperti yang disarankan oleh data dan sebagai usaha untuk memberikan bantuan pada tema dan hipotesis kerja itu.
Distribusi frekuensi
Merupakan rangkuman yang telah diolah atas data-data yang diperoleh saat penelitian ke laporan dengan kuesioner dan interview guide.
Mean       
Teknik penjelasan kelompok yang didasarkan atas nilai rata-rata dari kelompok tersebut.
Median
Salah satu teknik penjelasan kelompok yang didasarkan atas nilai tengah dari kelompok data yang telah disusun urutannya dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya dari yang terbesar sampai yang terkecil.
Modus
Teknik penjelasan kelompok yang didasarkan atas nilai yang sedang populer atau nilai yang sering muncul dalam kelompok tersebut untuk menghitung modus dasar yang telah disusun ke dalam disribusi frekuensi/data bergolongan.
Grafik       
Selain dengan tabel, penyajian data yang cukup populer dan komunikatif adalah dengan grafik. Suatu grafik selalu menunjukkan hubungan antara jumlah dengan uraian lain misalnya waktu.
Tabel
Daftar berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secarabersisrtem, urut ke bawah di lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak.
Diagram
Gambaran (buram, sketsa) untuk memperlihatkanatau menerangkan sesuatu.
Daftar pustaka   
Daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit,dsb yang ditempatkan pada bagianakhir suatu karangan atau buku, dan disusun menurut abjad.
Endnote   
Informasi tambahan yang diletakkan di akhir dokumen.
Footnote
Informasi tambahan yang diletakkan di bawah satu halaman sama yag dibatasi dengan garis.

No comments:

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.