Pages

1 February 2010

Masjid Gazi Husrev-beg, Sarajevo



Masjid besar Gazi Husrev-beg terletak di jantung kota tua Bascarsija, yang merupakan bagian wilayah ibukota negara tersebut, Sarajevo. Masjid ini merupakan bangunan terpenting dan bersejarah bagi umat Islam di Bosnia. Gazi Husref-beg dibangun oleh seorang arsitek berkebangsaan Persia pada tahun 1531. Arsitekturnya lekat dengan gaya Istanbul, Turki.

Semakin menguatnya pengaruh Islam pada abad XVI membuat Dinasti Usman (Ottoman) tergerak untuk membangun banyak monumen Islam di Bosnia. Selain masjid, dinasti ini juga membangun sejumlah jembatan. Nama masjid ini adalah juga nama Gubernur Bosnia. Arsitek yang membangun masjid ini juga membangun Masjid Selimiye di Edirne (atas perintah Sultan Selim I). Masjid Gazi Huzrev-beg direkonstruksi pada tahun 1996 setelah mengalami kerusakan akibat perang saudara.

Masjid Gazi Husrev-beg memiliki menara minaret setinggi 45 meter dan kubah setinggi 19 meter. Masjid ini memiliki bagian-bagian seperti abdesthana (tempat wudhu), sadrvan (air mancur), mekteb (sekolah dasar), dan muvekithana (rumah muadzin). Halaman sebelah kiri masjid terdapat dua buah makam besar peninggalan abad XVI yang disebut turbe.

Sumber: kawan-kawan Facebook dari Bosnia dan Herzegovina
Sumber poto: www.esiweb.org

No comments:

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.