Pages

31 January 2010

Robert Ludlum

Robert Ludlum adalah seorang penulis berkebangsaan Amerika Serikat yang menghasilkan karya thriller sebanyak 29 buah novel. Reputasi Ludlum sebagai seorang penulis ialah meraih penjualan sebanyak 210 juta kopi dan banyak karyanya yang diterjemahkan ke beberapa bahasa. Tercatat sebanyak 32 bahasa yang digunakan untuk mengalihbahasakan karya cipta Ludlum.

Mengikuti jejak perjalanan karirnya, Ludlum mengawali kiprahnya di panggung sastra sebagai seorang pemain dan produser teater. Figur yang enerjik, pencinta kebebasan, suka menyendiri, dan petualangan ini sangat dipuja-puja penggemarnya. Salah satu ungkapan terkenal yang pernah ia kemukakan ialah "Saya berusaha menyeimbangkan kemampuan dalam bidang menulis dan teater dengan cara yang sama. Bahkan mungkin sebagian novel yang saya tulis tidak jauh dari sifat teatrikal."

Cerita-cerita di dalam novel Robert Ludlum menggambarkan seseorang atau sekumpulan orang dalam sebuah kelompok kecil yang berjuang melawan kekuatan besar. Kisah yang ia angkat menceritakan keberhasilan pihak yang menentang kekuasaan politik dan ekonomi melalui cara yang menakutkan. Visi yang diusung oleh Ludlum kepada dunia adalah sebuah keadaan di mana organisasi multinasional, rezim militer, dan pemerintah yang melakukan konspirasi untuk mempertahankan status quo mereka. Meskipun Ludlum tidak terlalu menguasai pengetahuan bidang militer, namun banyak dari novelnya yang ditelaah dengan penjelasan teknis, fisika, dan biologis secara mendalam, termasuk diantaranya penelitian yang dilakukan tentang cerita Bourne Identity.

Terlepas dari prestasi gemilang tersebut, sebenarnya Robert Ludlum belum mendapatkan pengakuan yang resmi dari para penulis dari genre yang berbeda, seperti John Le Carre. Para pengkritiknya tidak begitu suka dengan teknik penulisan Ludlum yang sering menggunakan tulisan miring, kalimat pendek, tanda seru, tanda sambung, dan sebagainya. Ia juga dinilai terlalu mengumbar melodrama, mempergunakan tokoh-tokoh yang simplisistik dan pengembangan psikologis yang terbatas.

Akan tetapi, Ludlum merupakan orang pertama yang menulis thriller yang menjadi tren masa kini, memberikan inspirasi sejumlah penulis seperti David Morrell dan Gayle Lynds. Ialah yang mempopulerkan operasi kerjasama intelijen dua negara adikuasa, Amerika Serikat dan Uni Soviet. Bahwasanya yang dahulunya dinilai sekedar fiksi yang tak akan menjadi kenyataan, pada akhirnya saat ini sungguh terjadi: Kedua negara adikuasa ini dapat hidup saling berdampingan pasca usainya Perang Dingin.

Data Diri:

Robert Ludlum
Nama samaran (sebagai penulis):
Jonathan Ryder, Michael Shephard
Lahir:
New York City, 25 Mei 1927
Meninggal:
Florida, 12 Maret 2001
Pendidikan:
The Rectory School
Cheshire Academy
Wesleyan University
Alpha Delta Phil
Jenis Novel:
Thriller, Misteri
Karya:
The Osterman Weekend
The Holcroft Covenant
The Apocalypse Watch
The Bourne Identity
The Bourne Supremacy

No comments:

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.