Pages

29 October 2009

STAIR Approach to Government Performance

Judul: The STAIR model, a comprehensive approach for managing and measuring government performance in the post-modern era Peneliti: Mary Zeppou, Tatiana Sotirakou Tahun: 2003
STAIR = enam tahap pengukuran kinerja pemerintahan, yaitu: 1) strategi (strategy), 2) target (targets), 3) penilaian (assessment), 4) implementasi (implementation), dan 5) hasil (results)
Tujuan:
Mengetahui penggunaan pendekatan sistem komprehensif dalam mengukur kinerja sektor publik di Yunani.
Mengetahui penggunaan teori STAIR sebagai sarana modernisasi pelayanan masyarakat negara Yunani.
Metode:
Telaah perubahan kinerja pemerintah menggunakan teori STAIR, yang memuat pertanyaan yang dialamatkan kepada organisasi, sebagai berikut:
1. misi apakah yang dibawa? 2. sasaran strategi apa yang digunakan dan bagaimana cara mencapainya? 3. kinerja organisasi apa yang diukur? 4. apa sajakah yang menjadi sumber penyebab terjadinya celah kinerja? 5. bagaimana umpan balik terhadap hasil kinerja yang digunakan untuk mencapai perbaikan? Hasil
Proses perencanaan strategis perusahaan harus menentukan fokus dan sifat sistem ukuran kinerjanya.
Pada tingkat manajemen menengah, sistem ukuran kinerja membantu evaluasi sebaik apakah sistem yang sedang berlaku dapat mencapai tujuan dan mendukung evaluasi sistem-sistem alternatifnya.

No comments:

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.