Pages

20 July 2009

Sistem Pendidikan di Azerbaijan

Sistem pendidikan ini ditetapkan oleh Student Admission State Committee (SASC), bekerjasama dengan Menteri Pendidikan, dan Kabinet Menteri. Adapun pembagian pendidikan yang berlaku di Azerbaijan adalah sebagai berikut: taman kanak-kanak (kindergarten) untuk anak usia 3-6 tahun, kemudian setelah itu mereka masuk ke dalam tiga tingkatan pendidikan umum (general pendidikan) yang terdiri atas primary education (grades 1-4), basic (atau junior secondary) education (grades 5-9), dan (senior) secondary education (grades 10-11). Siswa yang lulus dari pendidikan umum ini dapat mendaftarkan ke pendidikan tingkat lanjut (academic or vocational postsecondary education). Terdapat tiga jenis pendidikan kejuruan (vocational), yaitu: (i) technical occupational schools, dengan lama pendidikan 1-2 tahun; (ii) technical occupational lyceums, dengan lama pendidikan 3-4 tahun; dan (iii) technical secondary schools and colleges dengan lama pendidikan 3,5-4 tahun. Acedemic postsecondary education menawarkan gelar sarjana dan master. Pendidikan sarja dan master diselenggarakan oleh lembaga pendidikan pemerintah maupun swasta. Anggaran Pendidikan. Besar dan sifat anggaran pendidikan menjadi hal yang sangat krusial bagi pendidikan. Pada tahun 2002 anggaran pendidikan negara Azerbaijan mencapai 2,5% dari estimasi GDP, dibandingkan dengan rata-rata 4,2% periode 1996-2000. Sebanyak 80% anggaran dibelanjakan untuk memberi gaji pengajar. Adapun pembangunan gedung, pembangunan sekolah juruan dan teknik baru, perlengkapan, dan fasilitas pelatihan bagi guru memerlukan 3,3% dari total anggaran pendidikan pada tahun 2000 dan berkurang menjadi 1,2% pada tahun 2001. Kekhususan sistem penganggaran yang dapat ditemukan di negara Azerbaijan ialah hanya terdapat 12% dari anggaran pendidikan yang benar-benar dikendalikan dan di bawah wewenang Kementrian Pendidikan. Kementrian Pendidikan menyusun anggaran tahunan dan hasilnya diperiksa oleh Kementrian Keuangan dan Kabinet. Penetapan anggaran harus melalui persetujuan parlemen. Dana pendidikan diserahkan langsung kepada departemen-departemen keuangan tingkat distrik. Aliran Informasi. Data pendidikan tingkat sekolah dikumpulkan oleh departemen-departemen pendidikan tingkat daerah (lokal) dan distrik dan oleh kementrian serta komite lainnya yang terlibat di dalam sektor pendidikan. Terkait dengan adanya IDP (internally displaced persons) dan pengungsi, data sekolah, siswa, dan pengajar diberikan oleh State Committee on Refugees dan IDP Affairs. Data ini diberitahukan kepada Kementrian Pendidikan untuk diperiksa dan dikaji. Setelah dikaji, data kemudian disebarkan ke unit-unit pemerintah. Kementrian Pendidikan menghadapi kesulitan di dalam memperoleh data terkini tentang status dan perubahan sekolah dan program pendidikan dari otoritas eksekutif regional karena terbatasnya keterampilan manajemen dan tidak adanya sistem informasi manajemen jaringan.

No comments:

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.