Pages

17 October 2008

Olah Raga Yuk!

Sungguh nyata manfaat dari olahraga, terutama untuk menjaga stamina. Ceritanya begini. Saat ini aku bekerja dalam lingkungan kerja yang membutuhkan waktu ekstra untuk duduk. Bermain-main keyboard di depan layar ajaib seperti yang kawan-kawan hadapi saat ini. Ketika tiba waktu di kantor aku berhadapan dengan lima unit komputer, kemudian di sela-sela waktuku aku mendapatkan passive earning dengan bantuan komputer, begitupula saat aku membuat tulisan ini, aku melakukannya sambil duduk.

Dengan keadaan tubuh yang pasif seperti ini maka aku butuhkan aktivitas yang dapat mengimbanginya. Apa lagi kalau bukan berolahraga. Dari dulu aku telah mengikuti berbagai macam olahraga. Dulu aku berolahraga sepakbola, bersepeda, bulutangkis, dan renang. Terus ketika sekolah di SMA aku tambah lagi dengan ikut beladiri (waktu itu ikut karate) ditambah sesekali bergaya ala selebritis...bermain tenis bersama bapak-bapak guru. Di masa kuliahku aku ikut UKM sepakbola dan beladiri juga (walaupun hanya sebentar karena takut terkena pukulan...hihihi...). Baru-baru lalu aku bersama teman-teman getol main futsal. Di Semarang masih sulit mencari lapangan futsal yang standar. Lagipula harus menyewa. Tak pelak lagi kegiatan ini bergantung pada biaya. Namun olahraga harus tetap dilakukan. Bukan kuantitasnya kurasa, namun kualitasnya. Berlari mengitari teras (sebutan pinggir lapangan sepakbola itu lho) Stadion Tri Lomba Juang sebanyak 10 kali saja sudah cukup bagiku. Yang penting tubuh aktif, metabolisme lancar, dan terhindar dari pengendapan cairan tubuh akibat terlalu sering duduk.

Olahraga bagiku adalah kebutuhan. Dengan semakin sibuknya aktivitas yang harus kulakukan, maka kesempatan untuk berolahraga menjadi langka. Ternyata aku beruntung juga tidak memiliki kendaraan bermotor. Biarpun sering kerepotan apabila harus menuju suatu tempat dengan segera, namun hal itu dapat teratasi dengan toleransi waktu. Aku lebih sering berjalan bila pergi ke mana-mana. Kalaupun kepepet baru minta tolong temanku mengantar. Berjalan di waktu siang hari dan kena terik matahari. Wah, jangan tanyakan bagaimana rasanya. Apalagi di kota Semarang. Tapi sehat lho. Itulah olahragaku saat ini. Konsekuensinya, tempat kerjaku tidak boleh terlalu jauh jaraknya dari tempat tinggal.

Tiba waktu menikmati liburan, aku jalan-jalan ke pusat kota dengan jalan kaki. Ternyata dengan banyak menggerakkan badan kebugaran menjadi meningkat lho. Aku sering begadang sampai pagi, bahkan dalam 24 jam itu aku sering tidak tidur. Syukurlah bila ada gangguan paling hanya masuk angin, flu, tidak sampai terkena penyakit dalam. Daya tahan tubuh pasti akan lebih kuat bila kita berolahraga.

Apakah artikelku ini terasa basi dan kuno, kawan? Opini kalian aku tunggu seluas-luasnya. Siapapun yang menyukai olahraga, entah itu olahraga 'mahal' ataupun olahraga 'murah', ataupun olahraga 'gratisan', jangan jadikan itu ajang untuk bergaya atau ikut-ikutan. Jadikan olahraga sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Selamat Berlatih!

No comments:

Terima kasih kepada BelajarInggris.Net atas kepercayaannya memilih tulisan saya menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog 2010.